Warisi Tradisi Kuliner Daerah, Ayam Ingkung Kalakijo Menjadi Andalan

0
202
  • 9
    Shares
Ingkung Kalakijo
Seorang Warga menunjukkan Ingkung kuali, kuliner khas andalan Desa Wisata Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul, Selasa, 3/10/2017. (foto:Hanif/SERUJI)

BANTUL, SERUJI.CO.ID – Indonesia memang dikenal memiliki ragam kuliner yang berasal dari berbagai pelosok daerah. Bagi pecinta makanan olahan ayam, ayam Ingkung khas Desa Kalakijo, Pajangan, Bantul bisa menjadi pilihan.

Meski lokasinya lumayan terpencil dan jauh dari pusat Kota Yogyakarta, namun tiap akhir pekan wisata kuliner Ayam Ingkung selalu dipadati penikmatnya.

Menurut Kepala Dukuh Kalakijo, Sareh warga setempat berkomitmen untuk terus mengembangkan kuliner Ingkung Kuali khas Kalakijo ini. Keinginan paling besar mereka adalah semakin mengenalkan Desa Wisata Kalakijo secara lebih luas, salah satunya melalui kuliner Ingkung Kuali. Bahkan hingga tahun 2017, jumlah warung ayam Ingkung di Kalakijo mencapai 12 buah.

Dukungan dari Dinas Pariswisata setempat dirasakan warga cukup besar untuk mengenalkan kuliner Ingkung. Tak cukup sampai di sini, warga juga secara mandiri sedang berupaya memaksimalkan pemasaran kuliner Ingkung Kuali ke kelompok masyarakat maupun instansi pemerintahan.

Seperti saat ini, sedang dilakukan pembangunan warung Ingkung Kuali baru dengan prinsip usaha berjamaah. Warung Ingkung ini dikelola oleh paguyuban kepala dukuh disokong oleh para investor yang ikut menanam saham. Proses pembangunan sedang berjalan dan ditarget selesai Desember ini.

Meski disadari kuliner Ingkung ini sudah mulai tersebar di beberapa wilayah di luar Kalakijo, namun Sareh masih optimis Ingkung Kuali Kalakijo punya daya tarik.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU