Roti Maida, Produk Kuliner Dengan Spirit 212

Surabaya, Seruji.com – Spirit 212 atau spirit Al Maidah 51 telah menjelma menjadi kebangkitan ekonomi umat Islam. Sprit tersebut melahirkan beberapa program untuk pemberdayaan ekonomi umat diantaranya minimarket 212, koperasi syariah 212, TV MUI, dan lain-lain.

Dan Sabtu lalu, 28 Januari 2017 menjadi salah satu hari bersejarah bagi warga Muhammadiyah Kota Surabaya. Sebab, pada tanggal tersebut dilakukan grand opening Maida Indonesia, di halaman Kampus Universitas Muhammadiyah, Jalan Sutorejo Surabaya.

Peluncuran secara resmi roti dan outlet Maida itu dilakukan bersamaan dengan Pengajian Pencerah yang dihadiri oleh Ustadz Dr. Bachtiar Nasir, anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Jika soft lounching pada tanggal 25 Desember 2016 lalu lebih pada pengenalan produk, maka dalam grand opening ini telah disiapkan outlet utama Roti Maida yang terletak di Jalan Peneleh VIII No 19, Surabaya.

Menurut keterangan general manager Maida, May Pandu Winoto, bahwa produksi roti Maida telah dimulai pada bulan Oktober 2016. Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Daerah Aisyiyah dan JSM Surabaya memproduksi roti merek Maida. Kemudian adanya Aksi 212 pada tanggal 2 Desember 2016 yang lalu, telah melahirkan spirit berjamaah. Momen itu kemudian menjadi saat yang tepat untuk mempromosikan roti Maida.

Bahan lokal dalam pembuatan roti Maida benar-benar menggunakan tepung produksi umat Muslim sendiri. Roti Maida saat ini merupakan satu-satunya produk yang dikembangkan melalui bisnis berjamaah, yang telah dijamin halal dan menggunakan bahan yang distandarisasi.

Unit usaha roti Maida saat ini meliputi cake dan bakery. Program usaha ke depannya, Maida juga akan mengembangkan usaha catering termasuk aqiqah. Kemudian, Maida juga akan membangun manufaktur untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pembuatan roti secara menyeluruh.

Harapan dari lahirnya usaha ini adalah Roti Maida akan menjadi sahabat masyarakat Indonesia, dan dunia melalui strategi waralaba.


Roti Maida memiliki tiga segmentasi. Segmen pertama adalah premium yang memproduksi roti untuk kalangan atas. Segmen kedua adalah value for money dimana sasaran konsumennya adalah kelas menengah. Dan yang ketiga adalah segmen ekonomis yang memproduksi roti yang dapat dijangkau oleh anak-anak bahkan kaum dhuafa.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh May Pandu Winoto, pada bulan Mei 2017 ditargetkan 150 post chanel keagenan mulai beroperasi di seluruh wilayah Surabaya. Pos chanel keagenan ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat berbisnis roti, mulai dari tingkat kelurahan hingga Rukun Warga. Maida akan terus memberdayakan umat dan melakukan ekspansi bisnis ke luar Surabaya, hingga seluruh nusantara dan dunia melalui strategi waralaba. Promosi roti Maida juga terus digencarkan melalui jaringan online dan media sosial.

Langkah konkrit pembuatan roti Maida dan post chanel keagenan merupakan langkah konkrit mengawali penguasaan ekonomi oleh Muslim. Untuk selanjutnya muslim dapat bergotong royong memberdayakan ekonomi umat di sektor-sektor lainnya. (DS)

 

Keterangan foto: Anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khatimah, sedang membeli roti Maida.
Reportase: Dyah Sujiati dan Hesti Nur Laili, kontributor Seruji Surabaya.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Ahok Menohok

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.