Berburu Sate Klathak Menu Istimewa Saat Berbuka Puasa

YOGYAKARTA – Menelusuri kuliner di Yogyakarta memang tiada habisnya, apalagi saat bulan puasa. Banyak pilihan makanan untuk disantap waktu berbuka, seperti Sate Klathak ini. Sate Klathak merupakan kuliner lokal dari daging kambing yang diolah dengan cara berbeda.

Bagi orang di luar Yogya nama Sate Klathak mungkin terdengar aneh. Dari keterangan riwayat pemberian nama Klathak ini dikarenakan pada waktu dibakar daging kambing akan mengeluarkan suara “klathak-klathak”.

Bumbu dari sate inipun tergolong sederhana hanya dari garam, bawang putih dan ada juga yang menambahkan sedikit merica sesuai selera. Meskipun bumbu dari sate Klathak ini sederhana namun daging kambing terasa sangat lezat dan empuk.

Keunikan lain dari Sate Klathak ini, tusuk daging kambing yang digunakan tidak terbuat dari bambu seperti sate kambing pada umumnya, tetapi memakai jeruji sepeda. Dikarenakan menggunakan jeruji dari logam sebagai tusuk sate, maka akan diperoleh panas yang merata pada daging yang dibakar, sehingga diperoleh daging yang matang luar maupun dalam.

Dalam penyajiannya sate Klathak tidak menggunakan bumbu kecap atau pun bumbu kacang, akan tetapi diganti dengan kuah gulai.

Untuk menikmati Sate Klathak, dari kota Yogyakarta menuju ke arah Jalan Imogiri Timur di selatan Terminal Bus Giwangan tepatnya di daerah Jejeran. Di sepanjang jalan Imogiri, Anda akan menjumpai di kanan-kiri jalan berbagai macam warung Sate Klathak, silahan pilih salah satunya.

Perlu Anda ketahui artis sekelas Nicholas Saputra dan Dian Sastro juga telah menikmati kuliner yang satu ini, di salah satu warung Sate Klathak dalam syuting film AADC 2 beberapa waktu silam.

Bagi penggemar daging kambing, tak salah bila Sate Klatak dijadikan pilihan menu berbuka puasa. (DhaniHernowo/IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.