Berburu Sate Klathak Menu Istimewa Saat Berbuka Puasa

0
126
sate klathak
Sate Klathak dengan tusuk sate yang terbuat dari jeruji sepeda. (Foto: SERUJI/Dhani Hernowo)

YOGYAKARTA – Menelusuri kuliner di Yogyakarta memang tiada habisnya, apalagi saat bulan puasa. Banyak pilihan makanan untuk disantap waktu berbuka, seperti Sate Klathak ini. Sate Klathak merupakan kuliner lokal dari daging kambing yang diolah dengan cara berbeda.

Bagi orang di luar Yogya nama Sate Klathak mungkin terdengar aneh. Dari keterangan riwayat pemberian nama Klathak ini dikarenakan pada waktu dibakar daging kambing akan mengeluarkan suara “klathak-klathak”.

Bumbu dari sate inipun tergolong sederhana hanya dari garam, bawang putih dan ada juga yang menambahkan sedikit merica sesuai selera. Meskipun bumbu dari sate Klathak ini sederhana namun daging kambing terasa sangat lezat dan empuk.

Loading...

Keunikan lain dari Sate Klathak ini, tusuk daging kambing yang digunakan tidak terbuat dari bambu seperti sate kambing pada umumnya, tetapi memakai jeruji sepeda. Dikarenakan menggunakan jeruji dari logam sebagai tusuk sate, maka akan diperoleh panas yang merata pada daging yang dibakar, sehingga diperoleh daging yang matang luar maupun dalam.

Dalam penyajiannya sate Klathak tidak menggunakan bumbu kecap atau pun bumbu kacang, akan tetapi diganti dengan kuah gulai.

Untuk menikmati Sate Klathak, dari kota Yogyakarta menuju ke arah Jalan Imogiri Timur di selatan Terminal Bus Giwangan tepatnya di daerah Jejeran. Di sepanjang jalan Imogiri, Anda akan menjumpai di kanan-kiri jalan berbagai macam warung Sate Klathak, silahan pilih salah satunya.

Perlu Anda ketahui artis sekelas Nicholas Saputra dan Dian Sastro juga telah menikmati kuliner yang satu ini, di salah satu warung Sate Klathak dalam syuting film AADC 2 beberapa waktu silam.

Bagi penggemar daging kambing, tak salah bila Sate Klatak dijadikan pilihan menu berbuka puasa. (DhaniHernowo/IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU