close

Asal Mula Seblak, Makanan Pedas Yang Cocok Dinikmati Saat Hujan

Seblak khas Bandung menjadi makanan idola saat menikmati hujan.

SERUJI.CO.ID – Seblak menjadi primadona saat hujan tiba. Rasanya pedas, lebih nikmat disantap dalam keadaan hangat. Inovasi seblak pun kini mulai beragam. Bermula hanya menggunakan kerupuk yang direbus saja, kini aneka topping lain seperti sayap ayam, mie, makaroni mulai banyak digunakan pedagang agar tampilan nampak variatif.

Namun tahukah anda? Asal muasal seblak merupakan penamaan untuk bumbu yang digunakan saat mengolah kerupuk rebus tersebut, oleh masyarakat Bandung, Jawa Barat.

Sejatinya di Jawa Tengah sudah lama ditemukan makanan kerupuk rebus, sejak tahun 1940. Hanya saja pengolahannya tidak menggunakan bumbu seblak.

 

Nama seblak digunakan untuk menamai bumbu dengan bahan dasar kencur yang dominan. Sedangkan kerupuk rebus, adalah toping yang digunakan.

Tekstur kenyal dengan rasa pedas, membuat orang ketagihan. Tak heran menu kuliner ini banyak ditemukan tak hanya di Jawa Barat, melainkan hampir di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga: Lima Kuliner Yogyakarta yang Wajib Kamu Coba

Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu dasar bawang merah, bawang putih dan kencur yang diuleg menjadi satu. Tambahkan cabai rawit jika anda pecinta pedas.

Di lain sisi, rebus kerupuk bersama dengan toping lain seperti bakso, sayap ayam, makaroni, mie atau apapun sesuai selera anda. Jika anda tidak suka kerupuk rebus, anda dapat menggantinya dengan pilihan lain.

Karena toh, seblak adalah bumbu bukan toping. Selanjutnya bumbu halus tadi ditumis, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika sudah akan mendidih, masukan toping kesukaan anda dan biarkan meresap.

Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk sesuai dengan takaran. Kemudian angkat dan pindahkan ke mangkok. Seblak dapat dinikmati sambil menikmati hujan. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Ternyata Kuning Telur Bisa Membuat Rambut Kuat dan Lebat! Selamat Tinggal Rambut Rontok!

Merawat rambut dengan bahan alami adalah solusi. Coba dengan kuning telur.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Anak-Anak

Tak hanya untuk orang dewasa, buah alpukat juga kaya manfaat untuk anak-anak.

4 Makanan Super Yang Bagus Untuk Kesehatan Rambut

Rambut rontok dan tipis bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya bisa jadi karena Anda kekurangan gizi yang terdapat dalam makanan ini.

Terapkan Cara Ini Agar Rambut Tipis Tak Semakin Kering dan Rapuh

Perawatan untuk rambut tipis memang tidak bisa sembarangan.

Mengupas Manfaat Kulit Timun Untuk Tubuh Manusia

Jika sudah membaca artikel ini, anda tak lagi membuang kulit timun cuma-cuma

Batasi Jumlah Gula Per Hari, Kalau Tak Mau Terserang Penyakit Ini

Mulai sekarang, batasi konsumsi gula agar tidak menjadi masalah baru kesehatan anda.