Hampir semua orang Indonesia, terutama di Jawa mengenal istilah kerokan. Pada klinik kecantikan yang mengunggulkan perawatan tradisional, kerokan juga biasa disebut coin therapy. Dan ternyata coin therapy ini dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Pada beberapa penelitian ilmiah saat dilakukan coin therapy tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin, yaitu senyawa kimia yang membuat orang merasa bahagia. Hormon inilah yang dapat mengendalikan rasa nyeri, pegal-pegal, sehingga tubuh terasa rileks dan stres pun dapat berkurang.

Metode yang digunakan dalam coin therapy ini dilakukan dengan cara mengerok daerah punggung secara berulang-ulang dengan pola horisontal pada bagian punggung disertai dengan massage punggung dengan menggunakan eucaliptus oil sehingga menjadikan tubuh terasa hangat dan rileks.

Tahapan berikut dapat dilakukan untuk hasil terapi yang maksimal. Pertama, sebelum dikerok, punggung harus dibersihkan terlebih dahulu dengan washlap, lalu diberi eucaliptus oil secara merata di atas punggung.

Kedua, pengerokan bisa dilakukan dengan menggunakan koin khusus maupun mata uang koin yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian punggung bisa dikerok dimulai dari bagian kanan punggung atas sampai ke punggung bawah, dilanjutkan mengerok bagian kiri punggung atas sampai ke punggung bawah.

Ketika melakukan pengerokan, koin ditekan secara lembut, sesuai dengan kebutuhan. Setelah selesai, bagian punggung kembali dipijat dengan eucaliptus oil. Terapi ini biasa dilakukan selama 45 menit, secara berirama dan teratur untuk hasil yang baik dan maksimal.

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama