Tuty Adib: Sukses di Mancanegara hingga Merancang Busana Keluarga Presiden

Di dunia mode, nama Tuty Adib memang bukan sosok baru. Sejak tahun 2000, Tuty telah menggeluti dunia rancang ketika dia pertama kali mendirikan butiknya dengan label Bilqis di Solo. Dari awal, Tuty memang memfoskuskan diri merancang busana muslim guna menunjukkan bahwa muslimah juga bisa tampil modis dengan hijab.

Foto. istimewa

“Semua berawal dari diri saya sendiri,” kata Tuty tentang mengapa dia memutuskan mengambil jalur fesyen muslimah. Pada 1996, ketika Tuty memutuskan untuk menikah, saat itu juga dia mantapkan hatinya untuk berhijab.

Di masa itu, fesyen muslimah memang tidak sebesar sekarang, desainer muslimah bisa dihitung dengan jari. Namun, kondisi itu tak mengurungkan niat Tuty untuk berhijab. Tuty akhirnya merancang sendiri hijab dan baju muslimnya. Tak dinyana, banyak orang tertarik pada rancangannya.

“Zaman dulu masih sedikit desainer (muslim), belum banyak pilihan busana muslimah, kemudian saya menggeluti dunia fesyen busana muslim sesuai dengan karakter saya,” ujar member dari Asosiasi Perancang dan pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini.

Di tangannya, busana muslimah yang dulu terkesan kaku dan kuno menjadi busana yang elegan dan feminin. Feminin elegan diakui Tuty sebagai look atau karakter khas yang ingin ditampilkan dari karya-karyanya.

Praktis sejak butik Bilqis by Tuty Adib resmi dibuka, Tuty menjadi makin aktif menampilkan busana dalam berbagai ajang fashion show spektakuler baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan, terakhir, bersama beberapa desainer muslimah Indonesia, Tuty telah melakukan roah fashion show busana muslim hingga ke Jepang dan Amerikan. Menurutnya, hal itu adalah dari syiar hijab yang ia lakukan.

“Pengalaman ke luar negeri membuat saya semakin banyak yang digali dalam menggembangkan desain dan koleksi dengan melihat keanekaragaman budaya di seluruh dunia. Serta bertambah teman, dan menambah akses jaringan,” ucapnya.

Selain fashion show di mancanegara, Tuty juga dikenal dengan rancangannya yang kerap dipakai oleh keluarga presiden. Bahkan, dalam sebuah perhelatan pernikahan putera Jokowi, Tuty merancang khusus busana pernikahan busana pengantin untuk putera dan menantu presiden presiden tersebut.

Begitu pula dengan kedekatan Tuty dengan Iriana Jokowi yang sudah bisa disebut sahabat. “Selain pelanggan setia di butik saya, Bu Ana (demikian, Tuty menyebut Iriana) juga sahabat sejak lama. Saya dengan Ibu Iriana sudah kenal dekat dengan beliau sebelum menjabat wali kota Solo, sehingga kedekatan kami sudah terjalin lama,” ucap Tuty.

Menurut Tuty, Iriana adalah sosok sederhana yang menyukai penampilan busana yang simple elegan. “Ibu Iriana menyukai busana dengan tampilan yang sederhana, anggun dan tidak banyak detailnya. Bu Ana juga sangat menyukai busana dengan bahan dari kain Indonesia,” pungkasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close