Tuty Adib: Sukses di Mancanegara hingga Merancang Busana Keluarga Presiden

Di dunia mode, nama Tuty Adib memang bukan sosok baru. Sejak tahun 2000, Tuty telah menggeluti dunia rancang ketika dia pertama kali mendirikan butiknya dengan label Bilqis di Solo. Dari awal, Tuty memang memfoskuskan diri merancang busana muslim guna menunjukkan bahwa muslimah juga bisa tampil modis dengan hijab.

Foto. istimewa

“Semua berawal dari diri saya sendiri,” kata Tuty tentang mengapa dia memutuskan mengambil jalur fesyen muslimah. Pada 1996, ketika Tuty memutuskan untuk menikah, saat itu juga dia mantapkan hatinya untuk berhijab.

Di masa itu, fesyen muslimah memang tidak sebesar sekarang, desainer muslimah bisa dihitung dengan jari. Namun, kondisi itu tak mengurungkan niat Tuty untuk berhijab. Tuty akhirnya merancang sendiri hijab dan baju muslimnya. Tak dinyana, banyak orang tertarik pada rancangannya.

“Zaman dulu masih sedikit desainer (muslim), belum banyak pilihan busana muslimah, kemudian saya menggeluti dunia fesyen busana muslim sesuai dengan karakter saya,” ujar member dari Asosiasi Perancang dan pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini.

Di tangannya, busana muslimah yang dulu terkesan kaku dan kuno menjadi busana yang elegan dan feminin. Feminin elegan diakui Tuty sebagai look atau karakter khas yang ingin ditampilkan dari karya-karyanya.

Praktis sejak butik Bilqis by Tuty Adib resmi dibuka, Tuty menjadi makin aktif menampilkan busana dalam berbagai ajang fashion show spektakuler baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan, terakhir, bersama beberapa desainer muslimah Indonesia, Tuty telah melakukan roah fashion show busana muslim hingga ke Jepang dan Amerikan. Menurutnya, hal itu adalah dari syiar hijab yang ia lakukan.

“Pengalaman ke luar negeri membuat saya semakin banyak yang digali dalam menggembangkan desain dan koleksi dengan melihat keanekaragaman budaya di seluruh dunia. Serta bertambah teman, dan menambah akses jaringan,” ucapnya.

Selain fashion show di mancanegara, Tuty juga dikenal dengan rancangannya yang kerap dipakai oleh keluarga presiden. Bahkan, dalam sebuah perhelatan pernikahan putera Jokowi, Tuty merancang khusus busana pernikahan busana pengantin untuk putera dan menantu presiden presiden tersebut.

Begitu pula dengan kedekatan Tuty dengan Iriana Jokowi yang sudah bisa disebut sahabat. “Selain pelanggan setia di butik saya, Bu Ana (demikian, Tuty menyebut Iriana) juga sahabat sejak lama. Saya dengan Ibu Iriana sudah kenal dekat dengan beliau sebelum menjabat wali kota Solo, sehingga kedekatan kami sudah terjalin lama,” ucap Tuty.

Menurut Tuty, Iriana adalah sosok sederhana yang menyukai penampilan busana yang simple elegan. “Ibu Iriana menyukai busana dengan tampilan yang sederhana, anggun dan tidak banyak detailnya. Bu Ana juga sangat menyukai busana dengan bahan dari kain Indonesia,” pungkasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER