Tuty Adib: Sukses di Mancanegara hingga Merancang Busana Keluarga Presiden

Di dunia mode, nama Tuty Adib memang bukan sosok baru. Sejak tahun 2000, Tuty telah menggeluti dunia rancang ketika dia pertama kali mendirikan butiknya dengan label Bilqis di Solo. Dari awal, Tuty memang memfoskuskan diri merancang busana muslim guna menunjukkan bahwa muslimah juga bisa tampil modis dengan hijab.

Foto. istimewa

“Semua berawal dari diri saya sendiri,” kata Tuty tentang mengapa dia memutuskan mengambil jalur fesyen muslimah. Pada 1996, ketika Tuty memutuskan untuk menikah, saat itu juga dia mantapkan hatinya untuk berhijab.

Di masa itu, fesyen muslimah memang tidak sebesar sekarang, desainer muslimah bisa dihitung dengan jari. Namun, kondisi itu tak mengurungkan niat Tuty untuk berhijab. Tuty akhirnya merancang sendiri hijab dan baju muslimnya. Tak dinyana, banyak orang tertarik pada rancangannya.


“Zaman dulu masih sedikit desainer (muslim), belum banyak pilihan busana muslimah, kemudian saya menggeluti dunia fesyen busana muslim sesuai dengan karakter saya,” ujar member dari Asosiasi Perancang dan pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini.

Di tangannya, busana muslimah yang dulu terkesan kaku dan kuno menjadi busana yang elegan dan feminin. Feminin elegan diakui Tuty sebagai look atau karakter khas yang ingin ditampilkan dari karya-karyanya.

Praktis sejak butik Bilqis by Tuty Adib resmi dibuka, Tuty menjadi makin aktif menampilkan busana dalam berbagai ajang fashion show spektakuler baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan, terakhir, bersama beberapa desainer muslimah Indonesia, Tuty telah melakukan roah fashion show busana muslim hingga ke Jepang dan Amerikan. Menurutnya, hal itu adalah dari syiar hijab yang ia lakukan.

BACA JUGA:  Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

“Pengalaman ke luar negeri membuat saya semakin banyak yang digali dalam menggembangkan desain dan koleksi dengan melihat keanekaragaman budaya di seluruh dunia. Serta bertambah teman, dan menambah akses jaringan,” ucapnya.

Selain fashion show di mancanegara, Tuty juga dikenal dengan rancangannya yang kerap dipakai oleh keluarga presiden. Bahkan, dalam sebuah perhelatan pernikahan putera Jokowi, Tuty merancang khusus busana pernikahan busana pengantin untuk putera dan menantu presiden presiden tersebut.

Begitu pula dengan kedekatan Tuty dengan Iriana Jokowi yang sudah bisa disebut sahabat. “Selain pelanggan setia di butik saya, Bu Ana (demikian, Tuty menyebut Iriana) juga sahabat sejak lama. Saya dengan Ibu Iriana sudah kenal dekat dengan beliau sebelum menjabat wali kota Solo, sehingga kedekatan kami sudah terjalin lama,” ucap Tuty.

Menurut Tuty, Iriana adalah sosok sederhana yang menyukai penampilan busana yang simple elegan. “Ibu Iriana menyukai busana dengan tampilan yang sederhana, anggun dan tidak banyak detailnya. Bu Ana juga sangat menyukai busana dengan bahan dari kain Indonesia,” pungkasnya.

 

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Terpilih Sebagai Ketua Kadin Surabaya, Ali Affandi: Tantangan ke Depan Sangat Komplek

Menurut putra pertama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti ini, tantangan Surabaya kedepan sangat komplek. Terlebih JP Morgan mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu, katanya, Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

Tegaskan NasDem Tidak Minta-Minta Jatah Menteri, Paloh: Jika Diperlukan Boleh

"Kami tidak pernah minta-minta menteri, tergantung presiden saja; diperlukan NasBem boleh, tidak diperlukan juga tidak apa-apa," kata Paloh

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Kongres V PDIP: Dihadapan Pimpinan Parpol, Mega Isyaratkan Puan Harus Jadi Ketua DPR RI

Mega mengisyaratkan kursi Ketua DPR RI akan diduduki oleh putrinya yang kini menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Soal Impor Rektor, KSP: Yang Dimaksud Adalah Berkualifikasi Internasional Bukan Harus Asing

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho menjelaskan, wacana pemerintah tersebut sebenarnya berkaitan dengan kualifikasinya berskala internasional, bukan soal kewarganegaraannya.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi