Terapkan Strategi Berikut Agar Pernikahanmu Sesuai Dana Yang Dianggarkan

Menikah itu murah, yang mahal adalah gengsi. Terapkan cara berikut agar pesta pernikahanmu tetap berkesan, tanpa perlu rogoh kocek dalam-dalam.

SERUJI.CO.ID – Menikah merupakan proses sakral yang terjadi sekali seumur hidup. Tak heran bila orang-orang menginginkan perayaan di setiap pernikahan. Sayangnya, hanya karena ingin mengadakan pesta tak sedikit orang yang menunda pernikahan, dengan alasan belum cukup dana.

Padahal semestinya, konsep pesta pernikahan baiknya menyesuaikan budget. Bukan sebalinya, budget yang harus menyesuaikan dengan konsep pesta impian.

Nah, apabila budget anda terbatas, anda juga tetap bisa mengadakan pesta pernikahan secara sederhana, dengan memperhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut:

1
Tentukan Konsep

Dengan atau tanpa adat bisa mempengaruhi dana yang harus disiapkan. Jika pernikahanmu menggunakan adat total dari awal acara hingga akhir, memang kamu perlu mempersiapkan dana khusus dan agak lebih. Lain halnya jika tanpa adat, pernikahanmu akan jauh lebih irit.

2
Tentukan Lokasi

Apabila kamu ingin acara di gedung atau outdoor maka kamu perlu rajin hunting untuk mencari harga terbaik, sesuai anggaran dana yang kamu siapkan. Di setiap kota tentu terdapat gedung yang menyediakan harga mulai dari termurah hingga paling mahal.

Perhatikan juga tentang charge gedung, yang biasanya menjebak. Harga sewa gedung yang mahal, bisa jadi charge nya kecil. Sebaliknya harga sewa gedung yang rendah, bisa jadi justru membengkak ketika ditambah charge. Kamu perlu waktu khusus untuk memperhitungkan hal ini.

Bayangan menikah di rumah lebih hemat, bisa jadi jauh dari yang diharapkan. Apabila acara di rumah, kamu juga perlu mempertimbangkan dana tak terduga, seperti biaya pemasangan terop untuk dekorasi, jasa membersihkan rumah, belum lagi menyewa orang untuk menjaga parkir, ijin memakai ruas jalan dan masih banyak lagi.

Bisa jadi biaya pernikahan di rumah sama dengan biaya pernikahan di gedung.

3
Tentukan Jumlah Undangan

Banyak sedikitnya tamu berpengaruh pada pemilihan menu prasmanan katering. Apabila danamu terbatas, tak ada salahnya kamu membatasi jumlah tamu yang datang. Tak perlu teman dari SD diundang, cukup undang orang-orang yang berpengaruh dalam hidupmu dalam 2 atau 3 tahun terakhir.

Jangan lupa hitung juga jumlah seluruh keluarga, baik keluarga besarmu maupun keluarga besar pasangan.

4
Memilih Menu Catering

Menu catering biasanya terdiri dari prasmanan dan gubukan. Biasanya yang paling banyak dicari tamu adalah menu gubukan. Sebaiknya konsultasikan hal ini dengan vendor katering yang telah kamu tunjuk.

Sesuaikan dengan anggaran dana yang sudah kamu rancang untuk katering, dan sampaikan hal tersebut kepada vendor. Carilah vendor katering yang menawarkan banyak pilihan, bukan hanya memaksa mengikuti pilihan dari vendor tersebut.

5
Gabungkan Acara

Agar lebih hemat, sebaiknya gabungkan prosesi akad nikah dan resepsi secara bersamaan dalam satu waktu. Kamu bisa mengundang sahabat dan keluarga saja saat akad. Baru undang tamu saat resepsi berlangsung. Misal akad berlangsung jam 07.00 WIB hingga 08.00 WIB. Kamu bisa melangsungkan acara di jam 10.00 WIB.

6
Design Undangan

Semakin banyak design undangan di era milenial ini. Tak perlu terlalu menarik, cukup sederhana saja apabila dana terbatas. Ingat, undangan hanya dipakai sekali saja. Setelah selesai acara, tak menutup kemungkinan undangan akan dibuang oleh para tamu.

Ini juga berlaku untuk pemillihan souvenir pernikahan. Pilihlah yang bermanfaat untuk tamu undangan, serta terjangkau harganya. Sisihkan waktu untuk menentukan hal ini dan mendiskusikan dengan pasangan dan kedua orang tua. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...
close