Proses Terjadinya Gigi Berlubang, Bunda Perlu Tahu!

Gigi berlubang pada anak sering terjadi. Terutama bagi mereka yang tidak rajin menggosok gigi. Agar tidak semakin parah, bunda perlu tahu mengapa proses gigi berlubang terjadi dan langkah pertama menanganinya.

SERUJI.CO.ID – Kegemaran buah hati mengonsumsi makanan manis dapat menimbulkan gigi berlubang. Keadaan tersebut makin parah jika si kecil tidak terbiasa sikat gigi 2 kali sehari, dan 1 kali sebelum tidur.

Bagaimana gigi berlubang bisa terjadi?

Dilansir dari hellosehat.com, Umumnya, permukaan gigi ditutupi dengan plak gigi. Bakteri pada plak gigi bekerja dalam memberikan metabolisme gula dari makanan dan menghasilkan asam. Asam inilah yang kemudian mengikis mineral dari permukaan gigi, atau biasa disebut enamel.

Sedangkan saliva atau air liur yang mengandung kalsium dan fosfat akan mengurangi asam yang menyerang gigi dengan menetralisir dan mencegahnya menghilangkan mineral dari gigi. Meski begitu, perlu waktu bagi saliva menjalankan tugasnya ini.

Apabila buah hati terlalu sering makan dan minum yang mengandung gula, membuat kinerja saliva menjadi terbatas. Akibatnya banyak asam yang terus diproduksi. Sedangkan saliva tidak cukup kuat untuk melawan.

Pelan tapi pasti, permukaan gigi akan terkikis. Kemudian muncul bintik-bintik putihm ya g menandakan mineral gigi sudah hilang. Inilah pertanda awal masalah gigi berlubang.

Agar tak semakin berlanjut, permukaan gigi sebenarnya dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan menggunakan mineral dari saliva dan fluoride, dari pasta gigi. Oleh karena itu penting bagi bunda mengajarkan kebiasaan menggosok gigi pada si kecil.

Namun, jika pasta gigi tak mampu menggantikan mineral tersebut, proses gigi berlubang tetap berlanjut. Segera konsultasikan ke dokter gigi, agar permukaan gigi tidak semakin lemah dan hancur hingga membentuk sebuah lubang. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Segarkan Wajah dengan A I U E O