Ini Dia Lis Kurniasih, Pemilik Suara Tayo Si Little Bus

Sebelum memutuskan menjadi dubber, Lis sempat bermimpi menjadi animator.

Hey Tayo! Hey Tayo! Dia bus kecil ramah. Melaju, melambat, Tayo selalu senang

SERUJI.CO.ID – Lirik lagu tersebut rasanya sudah tak asing mendarat di telinga. Bahkan, tak sedikit orang-orang yang melakukan prank dengan menggunakan potongan lirik dari serial kartun Tayo The Little Bus, yang jadi favorit anak-anak Indonesia ini.

Karakter utama dalam serial ini diperankan oleh Tayo, bus kecil berwarna biru, yang memiliki suara imut dan menggemaskan. Namun tahukah anda, pemilik suara Tayo diisi oleh dubber wanita berhijab, bernama Lis Kurniasih.

Tak hanya ‘menjadi’ Tayo, Lis juga memerankan suara Elsa dalam film Frozen. Lis mengungkapkan, sebelum berkecimpung di dunia dubbing, Lis awalnya mengikuti pelatihan di Pelatihan Sulih Suara Indonesia (Persusi).

 

Setelah belajar di sana, ia mengikuti berbagai cating yang diadakan stasiun TV swasta. Suaranya pertama kali digunakan sebagai voice over untuk karakter Kana, pada film kartun berjudul Sakura Wars.

Lepas dari film kartun itu, tawaran menjadi dubber mulai banyak berdatangan. Kiprahnya di dunia voice over juga untuk mengisi suara tokoh dalam tayangan telenovela hingga drama Korea.

Diakui Lis, menjadi seorang dubber bukanlah hal mudah, karena  membutuhkan tiga konsentrasi yaitu konsentrasi mata, mulut dan telinga. Konsentrasi mata digunakan untuk melihat mimik tokoh dan naskah.

Sedangkan konsentrasi mulut digunakan untuk membaca sesuai dengan emosi tokoh, dengan artikulasi yang jelas. Konsentrasi telinga digunakan saat mendengarkan suara tokohnya. Semuanya harus dilakukan secara bersamaan.

Pekerjaan di bidang animasi adalah cita-citanya sejak dahulu. Lulusan Universitas Gunadharma itu menjelaskan, jika dulunya dia bercita-cita sebagai animator. Sayang ia merasa kemampuannya menggambar masih kurang. Kemudian ia pun memilih pekerjaan sebagai dubber. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.