close

Ini Dia Lis Kurniasih, Pemilik Suara Tayo Si Little Bus

Sebelum memutuskan menjadi dubber, Lis sempat bermimpi menjadi animator.

Hey Tayo! Hey Tayo! Dia bus kecil ramah. Melaju, melambat, Tayo selalu senang

SERUJI.CO.ID – Lirik lagu tersebut rasanya sudah tak asing mendarat di telinga. Bahkan, tak sedikit orang-orang yang melakukan prank dengan menggunakan potongan lirik dari serial kartun Tayo The Little Bus, yang jadi favorit anak-anak Indonesia ini.

Karakter utama dalam serial ini diperankan oleh Tayo, bus kecil berwarna biru, yang memiliki suara imut dan menggemaskan. Namun tahukah anda, pemilik suara Tayo diisi oleh dubber wanita berhijab, bernama Lis Kurniasih.

Tak hanya ‘menjadi’ Tayo, Lis juga memerankan suara Elsa dalam film Frozen. Lis mengungkapkan, sebelum berkecimpung di dunia dubbing, Lis awalnya mengikuti pelatihan di Pelatihan Sulih Suara Indonesia (Persusi).

 

Setelah belajar di sana, ia mengikuti berbagai cating yang diadakan stasiun TV swasta. Suaranya pertama kali digunakan sebagai voice over untuk karakter Kana, pada film kartun berjudul Sakura Wars.

Lepas dari film kartun itu, tawaran menjadi dubber mulai banyak berdatangan. Kiprahnya di dunia voice over juga untuk mengisi suara tokoh dalam tayangan telenovela hingga drama Korea.

Diakui Lis, menjadi seorang dubber bukanlah hal mudah, karena  membutuhkan tiga konsentrasi yaitu konsentrasi mata, mulut dan telinga. Konsentrasi mata digunakan untuk melihat mimik tokoh dan naskah.

Sedangkan konsentrasi mulut digunakan untuk membaca sesuai dengan emosi tokoh, dengan artikulasi yang jelas. Konsentrasi telinga digunakan saat mendengarkan suara tokohnya. Semuanya harus dilakukan secara bersamaan.

Pekerjaan di bidang animasi adalah cita-citanya sejak dahulu. Lulusan Universitas Gunadharma itu menjelaskan, jika dulunya dia bercita-cita sebagai animator. Sayang ia merasa kemampuannya menggambar masih kurang. Kemudian ia pun memilih pekerjaan sebagai dubber. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar