SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Cara Sederhana Membuat Minyak Alpukat

Minyak alpukat belum setenar minyak zaitun atau minyak kelapa. Namun, minyak jenis ini juga memiliki kandungan sama dengan minyak zaitun dan minyak kelapa.

SERUJI.CO.ID – Buah alpukat adalah salah satu buah yang mudah membusuk. Karena itu, buah alpukat harus segera dikonsumsi. Namun bagaimana jika alpukat sudah terlalu tua dan hampir busuk? Jangan segera dibuang. Karena buah alpukat yang terlalu matang, masih bisa diolah menjadi minyak alpukat yang mengandung banyak manfaat.

Bagaimana cara membuat minyak alpukat?

Pertama, anda perlu mencuci bersih kulit buah alpukat dan membaginya menjadi dua bagian. Kemudian kerok daging buah alpukat. Haluskan daging buah tersebut hingga benar-benar halus.

Amannya, proses penghalusan daging buah alpukat sebaiknya menggunakan blender. Pastikan daging benar-benar halus hingga tidak terlihat daging kasar.

- Advertisement -

Letakkan daging buah yang telah halus, di atas loyang. Kemudian ratakan ke seluruh loyang hingga menjadi lapisan yang tipis.

Jemur di bawah sinar matahari. Ingat, jangan sampai terkena hujan ya! Setelah dua atau tiga hari, daging buah akan mengering dan siap dikumpulkan. Jika dirasa belum kering, anda perlu menjemurnya hingga beberapa hari lagi.

Baca juga: Dahsyatnya Kandungan Minyak Alpukat untuk Kecantikan

- Advertisement -

Letakkan daging buah alpukat yang telah kering di atas kain. Kain ini fungsinya untuk menyaring daging buah yang sudah kering. Jangan lupa taruh wadah di bawahnya.

Peras kain kuat-kuat hingga minyak alpukat keluar. Setelah terkumpul, simpan minyak ini dalam botol kaca berwarna gelap dan letakkan di tempat yang sejuk, jauh dari sinar matahari.

Minyak ini bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, semprotan salad hingga pengganti minyak goreng untuk menumis masakan. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

close