close

Cinta Tak Biasa Seorang Super Star

Review Film Bohamian Rhapsody, 2018 Oleh: Denny JA

SERUJI.CO.ID – Setiap tokoh jenius, ujar Aristoteles, punya unsur kegilaan. No great mind has ever existed without a touch of madness. Sejenis kegilaan itu pula saya rasakan pada Freddie Mercury, legenda Rock Star dari Band Queen.

Saat itu imajinasinya sedang liar. Ia tak ingin menghasilkan lagu rock biasa. Ia ingin menghadirkan suasana opera. Tak hanya pada musik, namun liriknya pun tak biasa. Ditemukan dalam lirik itu kata Galileo, Bismillah, Scaramouche, Fandago. Ditambah dengan awalan “Mama, just kill a man.”

Produser dari EMI record yang akan merekam lagu bertanya. Ini lirik soal apa? kata Freddie, itu puisi. Itu bukan lirik biasa yang mudah dimengerti.

Sang produser masih bisa berkompromi soal lirik. Tapi mengapa panjang lagunya 6 menit? Ini dua kali lebih panjang dari lagu biasa. Tak ada radio yang bersedia memutarnya. Memproduksi lagu ini juga sangat mahal.


Mohon pendekkan menjadi 3 menit. Sang produser memberi arahan. Team lain dari perusahaan itu memperkuat arahan.

Tapi tidak bagi Freddy. Baginya, lagu yang ia beri judul Bohemian Rhapsody itu maha karya. Jangan lagu itu diukur dengan formula biasa. Ia ingin lagu itu tampil apa adanya. Dan lagu itu harus menjadi lagu utama album yang ia beri judul a Night at Opera.

Terjadi adu argumen. Ketidak sepahaman memuncak. Sang produser keras berkata. Uangku yang dipertaruhkan di album ini. Potong lagu itu hingga 3 menit. Atau lagu itu dibuang dan tonjolkan lagu lainnya.

Freddy Mercury bersama Queen memilih meninggalkan EMI record mencari perusahaan lain. Tak lupa ia berkata pada sang produser: anda akan dikenang sebagai orang yang kehilangan Queen. Tak lupa pula ia lemparkan batu memecahkan jendela kaca sang produser.

Bagi Freddy, tak ada kompromi. Imajinasinya soal opera dalam musik rock, puisi yang tak mudah dimengerti dalam lirik, harus diwujudkan. Ia tak peduli bahkan panjangnya 6 menit. Ia tak peduli bahkan perusahan rekaman menolak. Ia tak peduli jikapun radio menolak memutarnya. Ia juga tak peduli bahkan lagu itu hingga kini dikenang lagu yang paling mahal proses produksinya.

Namun justru sejenis kegilaannya melawan konvensi itu yang membuat berbeda. Lagu Bohemian Rhapsody dengan panjang 6 menit meledak. Bahkan lagu itu termasuk lagu yang paling sering diputar oleh radio di Inggris.

Dua kali pula lagu itu berada dalam posisi Hits tangga pertama dalam dua kurun waktu yang berbeda. Pertama ia hits untuk UK Single Charts selama 9 minggu di tahun 1976. Penjualannya pun melampaui 1 juta.

Lagu itu kembali hits 15 tahun kemudian. Ia kembali no 1 di tahun 1991, selama lima minggu, tak lama setelah Freddie Mercury meninggal. Puisi gelap dalam lagu itu justru terus menjadi perdebatan soal apa arti sesungguhnya.

Lagu yang keras ditentang oleh market dan selera industri musik saat itu, justru kini dikenang sebagai satu maha karya dari Queen. Ia dianggap salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan dalam sejarah musik rock. Di tahun 2012, lagu itu bahkan berada dalam rangking pertama Poll yang dibuat ITV sebagai lagu paling favorit nasional selama 60 tahun sejarah musik.

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Soal Imbauan Jokowi Untuk Berbaju Putih Yang Dipersoalkan BPN, MK Menilai Tidak Relevan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menilai dalil...

Jelang Pembacaan Putusan, Massa Aksi Damai Dekati Barikade Kawat Berduri

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Massa yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni...

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

TERPOPULER