Memiliki postur tubuh yang ideal tentu menjadi impian banyak orang. Namun karena alasan kesehatan atau berat badan yang kurang ideal seseorang harus melakukan diet. Gandum merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kerap menjadi pilihan sebagai penganti nasi.

Dijelaskan oleh Dr. Ir Annis Catur Adi, M.Si. ketua prodi ahli gizi Universitas Air Langga Surabaya gandum merupakan sumber karbohidrat yang memilki kandungan serat sangat tinggi. Selain itu gandum mengandung gluten yang mudah larut dalam air.

Gandum merupakan salah satu bahan baku pembuatan tepung terigu. Gandum juga memiliki empat tingkatan yang berkaitan dengan penyerapan dalam tubuh. Pertama gandum gandum utuh, gandum pecah serta tepung kasar. Ketiga jenis gandung ini memilki kandungan serat yang lebih tinggi. Sehingga memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

Berikutnya adalah tepung halus, pada jenis gandum ini serat yang ada semakin halus sehingga mudah sekali dicerna dan diserap oleh tubuh. “Untuk tepung halus yang telah diolah, biasanya memberikan efek mudah lapar,” jelasnya.

Karena itu, penggunaan bahan tepung gandum halus lebih baik dihindari oleh seseorang yang hendak emmbatasi pola makannya. Karena dua helai roti gandum sama halnya dengan satu piring nasi. Memang tidak terlihat karena roti terlihat bentuknya yang lebih ringan dibandingkan dengan nasi yang jelas menjadi makanan berat.

Biji gandum mengandung cukup karbohidratnya dan juga mengandung komponen gizi lain dengan kadar tinggi. Komposisi ini sangat baik sekali menjadikan gandum sebagai bahan pangan untuk program diet bagi orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

Annis juga menjelaskan, bahwa meskpun memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, gandum juga memilki kekurangan yaitu lysine yang rendah. Yaitu asam amino esensial yang sangat dibutuhka oleh tubuh. Karena itu, saat mengkonsumsi gandum harus ditambahkan pelengkap seperti   sayur, telur atau daging.

Namun, tidak sedikit wanita yang berfikir, bahwa adanya pelengkap ini menambahkan alori sehigga meningkatkan berat badan. Hal ini tidak dibenarkan oleh annis, karena pelengkap makanan ini untuk menutup lysine roti gandum serta mengennyangkan, sehingga rasa kenyang bias dirasakan lebih lama.

“Jika ingin diet, tetaplah untuk menjaga pola makan serta olah raga yang teratur. Ini dapat membuat seseorang akan merasa nyaman menjalani diet yang sewajarnya. Penggunaan roti gandum pun juga harus diperhatikan untuk menambah pelengkap makanan,” imbuhnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
becak-becak

Yogyakarta Kaji Tiga Desain Becak Alternatif

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan kajian desain becak alternatif dengan menyiapkan tiga tipe becak yang terdiri dari dua becak ramah lingkungan dan satu...
loading...