Memiliki postur tubuh yang ideal tentu menjadi impian banyak orang. Namun karena alasan kesehatan atau berat badan yang kurang ideal seseorang harus melakukan diet. Gandum merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kerap menjadi pilihan sebagai penganti nasi.

Dijelaskan oleh Dr. Ir Annis Catur Adi, M.Si. ketua prodi ahli gizi Universitas Air Langga Surabaya gandum merupakan sumber karbohidrat yang memilki kandungan serat sangat tinggi. Selain itu gandum mengandung gluten yang mudah larut dalam air.

Gandum merupakan salah satu bahan baku pembuatan tepung terigu. Gandum juga memiliki empat tingkatan yang berkaitan dengan penyerapan dalam tubuh. Pertama gandum gandum utuh, gandum pecah serta tepung kasar. Ketiga jenis gandung ini memilki kandungan serat yang lebih tinggi. Sehingga memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

Berikutnya adalah tepung halus, pada jenis gandum ini serat yang ada semakin halus sehingga mudah sekali dicerna dan diserap oleh tubuh. “Untuk tepung halus yang telah diolah, biasanya memberikan efek mudah lapar,” jelasnya.

Karena itu, penggunaan bahan tepung gandum halus lebih baik dihindari oleh seseorang yang hendak emmbatasi pola makannya. Karena dua helai roti gandum sama halnya dengan satu piring nasi. Memang tidak terlihat karena roti terlihat bentuknya yang lebih ringan dibandingkan dengan nasi yang jelas menjadi makanan berat.

Biji gandum mengandung cukup karbohidratnya dan juga mengandung komponen gizi lain dengan kadar tinggi. Komposisi ini sangat baik sekali menjadikan gandum sebagai bahan pangan untuk program diet bagi orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

Annis juga menjelaskan, bahwa meskpun memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, gandum juga memilki kekurangan yaitu lysine yang rendah. Yaitu asam amino esensial yang sangat dibutuhka oleh tubuh. Karena itu, saat mengkonsumsi gandum harus ditambahkan pelengkap seperti   sayur, telur atau daging.

Namun, tidak sedikit wanita yang berfikir, bahwa adanya pelengkap ini menambahkan alori sehigga meningkatkan berat badan. Hal ini tidak dibenarkan oleh annis, karena pelengkap makanan ini untuk menutup lysine roti gandum serta mengennyangkan, sehingga rasa kenyang bias dirasakan lebih lama.

“Jika ingin diet, tetaplah untuk menjaga pola makan serta olah raga yang teratur. Ini dapat membuat seseorang akan merasa nyaman menjalani diet yang sewajarnya. Penggunaan roti gandum pun juga harus diperhatikan untuk menambah pelengkap makanan,” imbuhnya.

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Imunisasi

KLB Difteri, Menkes Minta Kesadaran Kelompok Masyarakat Antivaksin

JAKARTA, SERUJI.CO.ID  - Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kesadaran akan pentingnya imunisasi kepada kelompok masyarakat yang masih menolak imunisasi atau antivaksin menyusul adanya Kejadian...
imunisasi bayi

Dinkes Jatim: Sudah 72,6 Persen Bayi Diimunisasi DPT

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Jawa Timur menyatakan telah memberi imunisasi Difteri Pertusis Tetanus (DPT) kepada sebanyak 427.029 bayi lengkap tiga kali dari total...
Syahrul Yasin Limpo

Gubernur Sulsel Ikut Main Film Assalamu Alaikum Calon Imam

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo ikut menjadi pemeran dalam film Assalamu Alaikum Calon Iman yang mengangkat budaya Bugis Makassar. "Beberapa pemain Makassar...

KANAL WARGA TERBARU

Point Blur_Dec122017_090245

Empat Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...
perbedaan-fasilitas-bpjs-kesehatan-kelas-1-2-3

NIK Bermasalah di Sistem BPJS, Bagaimana Mengatasinya?

Nomor KTP atau resminya Nomor Induk Kependudukan (NIK) atas nama seorang pasien bernama Suratini ditemukan bermasalah oleh petugas pendaftaran RS UGM, Ahad (10/12) siang....
KH. Luthfi Bashori

Perintah Bernahi Munkar

Membiarkan kemunkaran terjad di depan mata, adalah perbuatan tercela. Muslim yang baik adalah muslim yang peduli terhadap kemashlahatan lingkunganya, sekira jika terjadi kemaksiatan di...