Menurut pakar kesehatan, sebenarnya istilah diet rempah itu tidak ada. Barangkali istilah diet rempah muncul karena bahan yang digunakan adalah rempah-rempah. Artinya nama diet rempah digunakan untuk memberikan informasi bahwa rempah itu bisa untuk diet. Karena yang namanya diet itu terkait dengan penyakit.

Menurut Herlina Darban, SST, diet ada bermacam-macam, antara lain diet tinggi energi, diet tinggi protein, diet rendah protein, diet tinggi lemak, diet rendah lemak, dll. Kalau untuk menurunkan berat badan itu diet rendah kalori bukan diet rempah. Rempah hanya digunakan untuk menurunkan nafsu makan. Diet rendah kalori sendiri ada diet rendah kalori 1, 2, dan 3. Diet rendah kalori 1 itu 1200 kalori. Diet rendah kalori 2 itu 1500 kalori. Diet rendah kalori 3 itu 1700 kalori.

Diet rempah yang digunakan untuk menurunkan berat badan bisa berupa jamu. Misal, beras kencur. Bahwa bentuk diet rempah ini memang cenderung berupa cairan. Berupa rebusan rempah yang diminum. Jadi seperti fungsional food. Tapi jika ingin dimasukkan dalam makanan juga bisa.

Loading...

“Diet rempah pada makanan seperti nasi kebuli terkait dengan diet tinggi lemak. Diet ini biasa diberikan pada anak yang sering kejang. Jadi lemaknya sampai di atas 50%, protein 20%, sisanya 30% itu karbohidrat. Jadi lemak itu memberikan efek menjadi tenang. Diet tinggi lemak ini tidak bisa diterapkan untuk perempuan yang ingin menurunkan berat badan. Diet rempah yang bisa diterapkan ya berupa minuman saja. Hanya direbus tanpa gula kemudian diminum,” tutur dosen dietetik klinik, Akademi Gizi Surabaya.

Menurutnya rempah yang bisa digunakan adalah selain kencur. Karena kencur justru meningkatkan nafsu makan. Rempah yang digunakan bisa sereh, jahe, daun salam, kayu manis. Pemanisnya bisa menggunakan gula merah. Atau minum kayu manis saja bisa digunakan sebagai diet rempah. Caranya dengan merebus air dan kayu manis. Bisa juga ditambahkan teh celup. Jadi teh rasa kayu manis. Diet rempah ini selain untuk menurunkan berat badan juga bisa diterapkan pada pasien penderita diabetes. Itu untuk menurunkan gula darah. Untuk orang gemuk juga bisa. Karena orang gemuk itu kan nanti kecenderungannya pada diabet tipe dua.yaitu resistensi insulin.

“Kalau bicara dosis tidak terlalu fatal untuk tubuh. Misal, kayu manis untuk satu cangkir cukup satu batang kayu manis seukuran jari telunjuk. Bisa diminum hangat tiga sampai lima kali sehari. Karena untuk orang gemuk kan harus hangat. Untuk menggelontor lemaknya. Kalau mau ditambah sereh juga bisa. Direbus juga jadi satu. Rempah yang sudah direbus bisa diminum sebelum makan. Sehingga dapat menekan nafsu makan. Jadi diet dapat berhasil. Selain untuk diet sebenarnya juga bisa digunakan untuk kesehatan. Misal, untuk capek-capek,” tambah Herlina.

Tips untuk perempuan yang melakukan diet rempah menurut Herlina salah satunya adalah harus suka jamu. Karena minuman hasil olahan rempah ini memiliki rasa yang pahit. Selain itu, motivasi juga menjadi faktor keberhasilan diet. Jika tidak mempunyai motivasi diri yang kuat tidak akan bisa. Karena apapun kalau motivasinya tidak kuat akan sulit tercapai.

“Diet rempah jika tidak diikuti diet rendah kalori tidak akan berhasil. Apalagi jika diet rempah ditambah dengan gula. Faktor lain penyebab kegagalan dalam diet adalah salah memilih menu makan, Diet rempah sebenarnya hanya berfungsi sebagai penekan nafsu makan. Jadi memang harus diimbangi dengan diet rendah kalori. Karena diet rendah kalori seratnya tinggi. Jadi kebutuhan serat dapat dipenuhi disini. Serat ini yang akan menghambat nafsu makan sehingga tidak sering lapar. Tidak hanya itu diet rempah juga harus diimbangi dengan olahraga. Pola makan sudah terkait dalam diet rendah kalori. Misal, memilih karbohidrat yang berserat, tidak makan gorengan, makan sayuran, memilih makanan yang direbus,” tutup Herlina.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama