Ingin Cepat Kenyang? Konsumsi Beras Merah

0
64
diet
Foto. andasehat.com

Akhir-akhir ini kesadaran untuk mengkonsumsi beras merah dalam menu diet semakin meningkat. Bahkan kalangan selebriti di tanah air bannyak yang dengan bangganya menunjukkan menu sehat yang dikonsumsi.

Menurut kepala ahli gizi RS Graha Amerta Surabaya, beras merah memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan pemilik nama lengkap Eko Dwi Martini,DCN ini menjelaskan hampir tidak ada sisi buruk dari beras merah.

“Yang terbaik dari beras merah itu kandungan seratnya yang tinggi, sehingga bisa memberikan efek kenyang yang lama,” jelas wanita yang akrab disapa Eko ini.

Karena mampu menahan lapar, sehingga beras merah sangat cocok untuk orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. “Karena porsinya yang berkurang, otomatis kalori yang amsuk ke tubuh juga berkurang,” terangnya.

Selain itu, beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan kadar glikemik yang leih rendah dibandingkan beras putih. Sehingga sangat cocok untuk menjadi menu diet penderita dibetes mellitus.

Meskipun kaya akan manfaat, namun Eko mengingatkan. Pada orang dengan kondisi yang tidak tahan terhadap tinggi serat, harus lebih waspada. Karena biasanya akan menimbulkan keluhan seperti kembung, mulas hingga buang gas. “Tetapi ini kasus sangat personal, jarang sekali terjadi,” jelasnya.

Untuk mengantisipasinya, saat akan beralih ke beras merah hendaknya melakaukan secara bertahap atau eliminasi. Artinya, diet diawali dengan mencampur beras merah dan putih. Awalnya 2:1 (dua beras putih satu beras merah). Kemudian jika tidak ada keluhan bisa dilanjutkan dengan mengubah komposisi 1: 1, lalu dilanjutkan 1:2 kemudian pure beras merah.

Menurut Eko, beras merah biasanya memiliki rasa yang lebih hambar dibanding beras putih. Namun itu bisa disiasati dengan lauk atau sayur dengan rasa yang lebih tajam.

Begitu juga dengan proses memasaknya yang lebih lama, biar lebih pulen sebelum di masak, lebih baik merendam beras merah yang sudah dicuci, selama semalam. Baru paginya dimasak.

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Kongres HIPMI, Gus Ipul: Jangan Biarkan Pengusaha Asing Jadi Pemenang di Negeri Kita

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mampu menghadirkan pengusaha-pengusaha muda yang bisa bersaing...

Prabowo Masih Kaji Cagub untuk Jawa Tengah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra menegaskan belum mengambil keputusan mengenai calon gubernur untuk Jawa Tengah (Jateng). Gerindra masih melakukan pengkajian secara mendalam untuk memilih...

Tunggu Instruksi DPP, PAN Jatim Belum Tentukan Cagub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPW PAN Jatim sampai saat ini belum menentukan arah dukungan di Pilgub Jatim mendatang. “Kami di DPW sampai saat belum bisa memberikan...

KANAL WARGA TERBARU

Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...
Diky Supratman

Tiga Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...