Bagi orang yang diet, kerap kali mengganti sumber karbohidat dari nasi menjadi kentang. Hal ini karena kentang merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik dibandingkan nasi. Kandungan mineral natrium dengan kadar alkaline lebih tinggi dapat meningkatkan pH dalam tubuh sehingga dapat membuat aktivitas liver menjadi lebih baik.

Dijelaskan juga oleh pakar gizi, Eko Dwi Martini, kentang juga mengandung protease yang dapat menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. “Karena itu, kentang menjadi alternatif sumber karbohidrat untuk penderita kanker,” katanya.
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada kentang serta kulit kentang, membuatnya menjadi sumber antioksidan. “Untuk mendapatkan manfaat lebih dari kentang, konsumsi sekaligus dengan kulitnya. Caranya dengan mencuci bersih lalu diolah tanpa dikupas,” jelasnya. Selain itu masih banyak manfaat dari kentang, seperti berikut ini.

Penawar Racun
Kentang dapat menjadi penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh.

Sumber Vitamin
Kentang mempunyai banyak khasiat, di antaranya potassium, vitamin C (sumber kedua setelah jeruk). Juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.

Sumber Potasium
Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah 25%, sehinga dapat mencegah endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah.

Zat Besi
Kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Kentang dapat menjamin sistem ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.

Obat Maag
Kentang sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit mag atau sering mangalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropine yang dapat memebantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.

Zat Lysine
Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi di dalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dalam pertumbuhan badan dan otak.

Glycemic Index
Walaupun kalorinya cukup rendah, kentang dapat menyebabkan kegemukan karena adanya Glycemic Index. Sehingga bagi penderita diabetes harus membatasi konsumsinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...
hary tanoe, mnc, perindo

Gara-Gara Mobil Mewah Hary Tanoe, Massa Perindo dan PDIP Bersitegang di KPU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gara-gara mobil mewah yang dikendarai Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, massa Perindo bersitegang dengan massa PDI Perjuangan di depan gerbang kantor...
Fahri-hamzah2

Fahri Hamzah: Innalillahi, Mungkin Umur PKS Selesai Tahun Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memprediksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini menaunginya dan mengantarnya ke Senayan, akan bubar...
Presiden apel Babinsa

Sama dengan TNI/Polri, Presiden Jokowi Naikan Tunjangan Kinerja Babinsa di Tahun Politik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan kenaikan tunjangan Kinerja bagi anggota TNI dan Polri pada bulan Juni lalu. Besarnya kenaikan mencapai 70 persen dari...
loading...