Jika Anda sedang menjalani program diet, maka jangan lupa untuk mengatur menu makanan Anda. Pastikan jumlah kalori yang dibutuhkan tepat dengan program diet Anda. Bagaimanapun, kalori yang seimbang akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas, tentunya.

Karena itu, dengan menghitung kalori yang dibutuhkan dan jenis makanannya, maka kita dapat menikmati makanan kesukaan kita tanpa takut menjadi gemuk maupun sakit. Menurut pakar gizi, secara keseluruhan, seseorang bisa mengasup 400-600 kalori per sekali makan.

Dengan asumsi wanita butuh 1.250 kalori per hari dan pria butuh 1.800 kalori per hari. Semua kalori tersebut terkandung pada nasi, sayur, lauk, dan buah, khususnya buah-buahan yang berserat.

Dalam satu kali makan, setidaknya seseorang mengonsumsi kalori dengan rincian:

Pertama, nasi putih 100 gram. Dalam satu gram karbohidrat terdapat empat gram kalori. Dengan demikian, jika kita makan nasi 100 gram, tubuh sudah mendapatkan 400 kalori.

Kalori yang seimbang akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas

Foto: Rossy

Kedua, sayur sebanyak 100 gram, antara lain adalah sayur dari bayam, kangkung, kangkung, dan sebagainya. Dalam hal ini, sayur memenuhi kebutuhan 50 kalori sehari-hari.

Ketiga, lauk sebanyak satu potong daging dengan ukuran 40 gram atau satu potong tempe sebanyak 50 gram. Dalam satu potong daging yang 40 gram, terkandung 95 kalori. Sementara satu potong tempe mengandung 40 kalori sehingga apabila mengambil 2 potong, maka menjadi 80 kalori.

Khusus untuk daging ini, yang baik adalah dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang, untuk mengurangi lemak yang terkandung di dalamnya.

Keempat, mengonsumsi buah sebanyak 100 gram. Dalam hal ini, buah memberi asupan 40-80 kalori untuk kebutuhan energi sehari-hari, tergantung pada banyaknya air yang terkandung di dalamnya. Semakin banyak kandungan air, maka kalori dalam buah semakin sedikit.

Gimana? Anda siap untuk menghitung kalori anda hari ini? Pastikan anda menyempurnakan program diet anda dengan olahraga yang tepat.

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Kemkominfo Blokir Laman Nikahsirri.com

PALEMBANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika menyatakan pihaknya memblokir situs nikahsirri.com karena telah meresahkan masyarakat. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala...
Yohana Yambise

Muncul Situs Kawin Kontrak-Lelang Perawan, Menteri Yohana Angkat Mengecam

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise melarang lelang perawan dan kawin kontrak seperti penawaran yang beredar melalui situs nikahsirri.com. Dia mengatakan...

Kirim Bantuan ke Rohingya di Myanmar, Pekerja Sosial Hadapi Rintangan Berat

SITTWE - Lembaga-lembaga bantuan yang berusaha keras untuk mencapai ratusan ribu Muslim Rohingya yang terlantar akibat kekerasan di bagian barat laut Myanmar menghadapi permusuhan...

Jaringan Kabel Listrik Jembatan Suramadu Terbakar

SURABAYA - Jaringan kabel listrik jembatan Surabaya-Madura terbakar sehingga petugas mengalihkan arus lalu lintas di jembatan tersebut. "Yang kami alihkan adalah arus kendaraan roda yang menuju...

Rumah Doa Anak Yatim Pelihara Ratusan Ternak

BOGOR - Rumah Doa Anak Yatim yang terletak di Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memiliki aset ratusan ekor tenak mulai dari...
ott, korupsi

Basaria: Kasus Suap Wali Kota Cilegon Mengecewakan

JAKARTA - Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan kekecewaannya dengan kasus dugaan suap senilai Rp1,5 miliar terhadap Wali Kota Cilegon Tubagus Imam Ariyadi terkait...