Jika Anda sedang menjalani program diet, maka jangan lupa untuk mengatur menu makanan Anda. Pastikan jumlah kalori yang dibutuhkan tepat dengan program diet Anda. Bagaimanapun, kalori yang seimbang akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas, tentunya.

Karena itu, dengan menghitung kalori yang dibutuhkan dan jenis makanannya, maka kita dapat menikmati makanan kesukaan kita tanpa takut menjadi gemuk maupun sakit. Menurut pakar gizi, secara keseluruhan, seseorang bisa mengasup 400-600 kalori per sekali makan.

Dengan asumsi wanita butuh 1.250 kalori per hari dan pria butuh 1.800 kalori per hari. Semua kalori tersebut terkandung pada nasi, sayur, lauk, dan buah, khususnya buah-buahan yang berserat.

Dalam satu kali makan, setidaknya seseorang mengonsumsi kalori dengan rincian:

Pertama, nasi putih 100 gram. Dalam satu gram karbohidrat terdapat empat gram kalori. Dengan demikian, jika kita makan nasi 100 gram, tubuh sudah mendapatkan 400 kalori.

Kalori yang seimbang akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas

Foto: Rossy

Kedua, sayur sebanyak 100 gram, antara lain adalah sayur dari bayam, kangkung, kangkung, dan sebagainya. Dalam hal ini, sayur memenuhi kebutuhan 50 kalori sehari-hari.

Ketiga, lauk sebanyak satu potong daging dengan ukuran 40 gram atau satu potong tempe sebanyak 50 gram. Dalam satu potong daging yang 40 gram, terkandung 95 kalori. Sementara satu potong tempe mengandung 40 kalori sehingga apabila mengambil 2 potong, maka menjadi 80 kalori.

Khusus untuk daging ini, yang baik adalah dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang, untuk mengurangi lemak yang terkandung di dalamnya.

Keempat, mengonsumsi buah sebanyak 100 gram. Dalam hal ini, buah memberi asupan 40-80 kalori untuk kebutuhan energi sehari-hari, tergantung pada banyaknya air yang terkandung di dalamnya. Semakin banyak kandungan air, maka kalori dalam buah semakin sedikit.

Gimana? Anda siap untuk menghitung kalori anda hari ini? Pastikan anda menyempurnakan program diet anda dengan olahraga yang tepat.

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

rohingya, myanmar

AS Sebut Tindakan Myanmar Terhadap Rohingya Pembersihan Suku

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID - Amerika Serikat pada Rabu (22/11) menyebut tindakan tentara Myanmar terhadap warga Rohingya pembersihan suku dan mengatakan akan mempertimbangkan hukuman bagi pihak...
Stasiun Cipeundeuy

Banjir dan Longsor Terjang Jalur Kereta Api di Garut

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Banjir dan tanah longsor menerjang beberapa titik jalur rel Kereta Api di wilayah Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (22/11),...
Stasiun Cipeundeuy

Rel Tertutup Longsor, Empat Kereta Api Tertahan di Garut

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Jalur selatan kereta api tertutup longsoran tanah di KM231, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (22/11) malam, akibatnya empat pemberangkatan...

KANAL WARGA TERBARU

Setan Pendidikan yang Bernama Kompetisi

Oleh Muhammad Hanif Priatama Bagaimana cara kebanyakan orangtua mengetahui seberapa baik anaknya di sekolah saat ini? Jawabannya : RANGKINGNYA! Ya, tidak ada sarana yang paling...
KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...