Jika Anda sedang menjalani program diet, maka jangan lupa untuk mengatur menu makanan Anda. Pastikan jumlah kalori yang dibutuhkan tepat dengan program diet Anda. Bagaimanapun, kalori yang seimbang akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas, tentunya.

Karena itu, dengan menghitung kalori yang dibutuhkan dan jenis makanannya, maka kita dapat menikmati makanan kesukaan kita tanpa takut menjadi gemuk maupun sakit. Menurut pakar gizi, secara keseluruhan, seseorang bisa mengasup 400-600 kalori per sekali makan.

Dengan asumsi wanita butuh 1.250 kalori per hari dan pria butuh 1.800 kalori per hari. Semua kalori tersebut terkandung pada nasi, sayur, lauk, dan buah, khususnya buah-buahan yang berserat.

Dalam satu kali makan, setidaknya seseorang mengonsumsi kalori dengan rincian:

Pertama, nasi putih 100 gram. Dalam satu gram karbohidrat terdapat empat gram kalori. Dengan demikian, jika kita makan nasi 100 gram, tubuh sudah mendapatkan 400 kalori.

Kalori yang seimbang akan membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari obesitas

Foto: Rossy

Kedua, sayur sebanyak 100 gram, antara lain adalah sayur dari bayam, kangkung, kangkung, dan sebagainya. Dalam hal ini, sayur memenuhi kebutuhan 50 kalori sehari-hari.

Ketiga, lauk sebanyak satu potong daging dengan ukuran 40 gram atau satu potong tempe sebanyak 50 gram. Dalam satu potong daging yang 40 gram, terkandung 95 kalori. Sementara satu potong tempe mengandung 40 kalori sehingga apabila mengambil 2 potong, maka menjadi 80 kalori.

Khusus untuk daging ini, yang baik adalah dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang, untuk mengurangi lemak yang terkandung di dalamnya.

Keempat, mengonsumsi buah sebanyak 100 gram. Dalam hal ini, buah memberi asupan 40-80 kalori untuk kebutuhan energi sehari-hari, tergantung pada banyaknya air yang terkandung di dalamnya. Semakin banyak kandungan air, maka kalori dalam buah semakin sedikit.

Gimana? Anda siap untuk menghitung kalori anda hari ini? Pastikan anda menyempurnakan program diet anda dengan olahraga yang tepat.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama