Tips Mengembalikan Warna Pakaian yang Terlanjur Kusam

Pakaian merepresentasikan siapa diri si pemakai sebenarnya. Warna pakaian yang mulai memudar membuat si pemakai menjadi tidak percaya diri.

SERUJI.CO.ID – Warna baju yang sudah memudar ternyata bisa dikembalikan agar semakin berwarna dan tidak kusam. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar warna baju kembali cemerlang.

Saat mencuci, pisahkan baju berwarna dan baju putih. Gunakan air dengan suhu normal, karena suhu panas akan cepat memudarkan warna pakaian.

Sebaiknya gunakan detergen khusus, yang memberi jaminan membuat warna pakaian tidak memudar. Anda dapat menemukan detergen jenis ini di pasaran. Apabila pakaian terlanjur terkena noda, gunakan penghilang noda khusus pakaian.

 

Jangan merendam pakaian terlalu lama, proses perendaman dengan detergen ini akan menyebabkan pakaian lebih lama terkontaminasi dengan bahan kimia pada detergen. Akibatnya warna pakaian semakin pudar.

Hal penting yang perlu digaris-bawahi. Menjemur pakaian di bawah terik matahari, memang membuat pakaian bisa kering sempurna. Tapi resikonya, warna pakaian menjadi cepat memudar.

BACA JUGA:  Gaya Kasual untuk Hijabers Dengan Memadukan Kaos dan Manset

Cara setrika juga berpengaruh dalam mengembalikan warna pakaian yang telah kusam. Pastikan suhu setrika tidak terlalu panas. Bisa juga setrika hanya di bagian dalam saja, sehingga permukaan tetap terjaga warnanya.

Tanpa disadari, menyimpan pakaian secara sembarangan juga berpengaruh pada ketajaman warna pakaian. Sebaiknya, kelompokkan pakaian sesuai dengan jenis bahannya.

Misal pakaian berbahan katun jangan digabungkan dengan pakaian berbahan wol. Kain benang wol yang lepas akan menempel pada baju berbahan katun. Sesekali tak ada salahnya merapihkan isi lemari dengan mengeluarkan baju-baju dan menatanya kembali.

Hal ini sekaligus juga untuk mengangin-anginkan pakaian, agar tidak lembab dan terlalu lama berada di lemari. (Nia)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.