close

Tips Mengembalikan Warna Pakaian yang Terlanjur Kusam

Pakaian merepresentasikan siapa diri si pemakai sebenarnya. Warna pakaian yang mulai memudar membuat si pemakai menjadi tidak percaya diri.

SERUJI.CO.ID – Warna baju yang sudah memudar ternyata bisa dikembalikan agar semakin berwarna dan tidak kusam. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar warna baju kembali cemerlang.

Saat mencuci, pisahkan baju berwarna dan baju putih. Gunakan air dengan suhu normal, karena suhu panas akan cepat memudarkan warna pakaian.

Sebaiknya gunakan detergen khusus, yang memberi jaminan membuat warna pakaian tidak memudar. Anda dapat menemukan detergen jenis ini di pasaran. Apabila pakaian terlanjur terkena noda, gunakan penghilang noda khusus pakaian.

 

Jangan merendam pakaian terlalu lama, proses perendaman dengan detergen ini akan menyebabkan pakaian lebih lama terkontaminasi dengan bahan kimia pada detergen. Akibatnya warna pakaian semakin pudar.

Hal penting yang perlu digaris-bawahi. Menjemur pakaian di bawah terik matahari, memang membuat pakaian bisa kering sempurna. Tapi resikonya, warna pakaian menjadi cepat memudar.

Cara setrika juga berpengaruh dalam mengembalikan warna pakaian yang telah kusam. Pastikan suhu setrika tidak terlalu panas. Bisa juga setrika hanya di bagian dalam saja, sehingga permukaan tetap terjaga warnanya.

Tanpa disadari, menyimpan pakaian secara sembarangan juga berpengaruh pada ketajaman warna pakaian. Sebaiknya, kelompokkan pakaian sesuai dengan jenis bahannya.

Misal pakaian berbahan katun jangan digabungkan dengan pakaian berbahan wol. Kain benang wol yang lepas akan menempel pada baju berbahan katun. Sesekali tak ada salahnya merapihkan isi lemari dengan mengeluarkan baju-baju dan menatanya kembali.

Hal ini sekaligus juga untuk mengangin-anginkan pakaian, agar tidak lembab dan terlalu lama berada di lemari. (Nia)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI