Puluhan Desainer Akan Ramaikan Solo Batik Fashion 2017


SOLO, SERUJI.CO.ID – Puluhan desainer dari berbagai daerah di Indonesia akan meramaikan ajang Solo Batik Fashion 2017, yang akan digelar pada tanggal 13 sampai 15 Oktober 2017 di Atrium Solo Paragon Mall. Desainer-desainer tersebut antara lain berasal dari Kota Solo, Bandung, Jakarta dan Semarang.

Ketua Pelaksana Solo Batik Fashion 2017 Djongko Rahardjo menerangkan ada 39 desainer yang dilibatkan dalam acara ini.

“Mereka akan mengeksplor motif-motif batik dan menunjukkan kekayaan batik nusantara dalam karya-karya busana,” ungkap Djongko, Rabu (11/10).

Satu orang desainer kurang lebih akan menampilkan delapan busana. Sehingga dalam tiga hari ajang ini, ada sekitar 300 kreasi busana batik yang disuguhkan pada masyarakat.

Djongko juga menerapkan aturan, hanya batik dengan proses pembatikan saja yang dapat ditampilkan dalam ajang ini. Lantarannya, batik menjadi salah satu intangible cultural heritage atau warisan budaya tak benda.

“Jadi hanya boleh menampilkan batik tulis, minimal batik cap,” tutur dia.

Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Surakarta Nunuk Mari Hastuti menerangkan Solo Batik Fashion 2017 mengangkat tema ‘Archipelago’.

“Sesuai tema, akan ditampilkan banyak ragam batik dari seluruh nusantara,” imbuhnya.

Ia berharap, Solo Batik Festival menguatkan Solo yang banyak dikenal dengan batiknya.

“Ini sekaligus menjadi wadah desainer untuk mempromosikan dan meningkatkan karya dalam persaingan global,” katanya.

Bukan hanya mengedukasi masyarakat, ajang ini diharapkan mampu menggenjot perekonomian, khususnya bagi pelaku bisnis batik. (Vita Kurnia/SUO2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

3 Kunci Sukses Pasarkan Properti Saat Wabah Covid-19

Webinar ini sendiri sengaja diadakan oleh Lamudi untuk membantu para pangembang properti memasarkan produk mereka agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal di tengah pandemi corona.

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

TERPOPULER

close