Foto. awalyfashion.com

Tak hanya busana, mukena juga harus nyaman dan fashionable. Bukan untuk pamer, tapi agar ibadah makin khusuk. Untuk itu pula, desainer sekaligus direktur butik Awaly Fashion , Rosy Afif, memberikan tips bagaimana memilih mukena yang yang nyaman dan berkualitas.

“Hal yang pertama dicermati adalah pemilihan bahan. Bahan yang baik yang bersifat dingin, seperti kain kaos atau katun. Setelah itu, baru ukurannya,” ujar Rosy.

Foto. awalyfashion.com

Ibu satu anak ini menekankan, tak hanya busana yang perlu ukuran, tapi mukena pun harus disesuaikan bentuk tubuh. “Artinya, jika orangnya tinggi ataupun gemuk, maka mukenanya harus juga berukuran lebih besar dari standardnya. Sebab, ketika shalat, seluruh aurat kita kan harus tertutup saat melakukan gerakan shalat. Jangan sampai ukuran mukena yang tidak sesuai membuat kita was-was aurat akan terbuka. Hal ini akan mengurangi keskhusukan shalat,” ujar ibu satu anak ini.

Loading...

Untuk jenis mukena, Rosy juga memaparkan bahwa semua tergantung dari kebutuhan. Untuk sehari-hari, mungkin bisa memakai bahan yang dingin seperti kaos atau katun, tapi, untuk acara-acara tertentu, Rosy menyarankan untuk memilih mukena dari bahan yang mewah. “Untuk acara istimewa ataupun untuk hadiah, bisa memilih mukena dengan kombinasi brokat,” tambahnya.

Selain bahan dan ukuran, model atau cutting mukena bisa disesuaikan kepribadian pemakainya. “Untuk model tergantung dari masing-masing individu. Kalau saya pribadi, saya lebih suka yang two pieces dan tidak terlalu ribet tapi tetap fashionable. Mukena yang ribet itu misalnya yang terlalu banyak tumpukan atau berlapis-lapis,” jelasnya.

Lebih lanjut Rosy memaparkan bahwa mukena fashionable tak hanya bergantung bahan dan model, tapi warna juga menentukan. “Sebenarnya soal warna itu tergantung selera individunya. Bebas warna apa aja. Yang penting mukena tetap bersih dan bebas dari najis,’ ujarnya. Pada akhirnya, Rosy menjelaskana bahwa mukena yang berkualitas adalah bahan dan jahitan harus bagus dan rapi.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama