Melani Elturk dan Hijabie

Dulu boneka Barbie identik dengan posturnya yang langsing. Juga tampilan bajunya yang feminin dan seksi. Seiring waktu berjalan, boneka Barbie kini hadir dengan berbagai seri. Mulai dari curvy Barbie, Barbie yang menampilkan pekerjaan tertentu, hingga boneka Barbie berhijab. Hijarbie atau Hijab Barbie namanya.

Adalah Haneefah Adam pencetus ide ini. Dilansir dari mic.com, wanita berusia 24 tahun yang tinggal di Nigeria ini membuat akun instagram @Hijarbie untuk menampilkan fashion hijab mini. Bisa ditebak kalau dalam akun tersebut, boneka Barbie tidak tampil dalam balutan baju seksi atau ketat. Tapi mereka tampil dengan balutan kerudung dan abaya modern.

Haneefa

Haneefah mendapat ide membuat Hijarbie beberapa bulan setelah melihat betapa populernya akun instagram Barbie Style. Barbie Style menampilkan boneka Barbie yang memakai baju, berdandan, dan beraktivitas seperti di dunia nyata. Dan itu menarik perhatian Haneefah.

Samah Safi, Filmmaker dari USA juga ikut disulap jadi Barbie

Haneefah jadi penasaran gimana kalau ada boneka yang memakai baju sepertinya, tertutup dan berhijab. Selama tiga bulan saat ia masih menempuh S2 di Inggris ia terus mencoba mencari gagasan. Sampai akhirnya ketika kembali ke Nigeria, ia pergi ke mall, membeli sebuah boneka dan mendandaninya sedemikian rupa dan memotretnya.

Tujuan Haneefah membuat Hijab Barbie tak semata-mata untuk menampilkan cantik dan anggunnya gaya busananya. Lebih dari itu ia ingin menunjukkan bahwa wanita yang berhijab tak kalah cantiknya dengan boneka Barbie itu sendiri.

Dian Pelangi

Menariknya lagi, tahun ini, Haneefa kembali mendandani Barbie dengan style dari para hijaber ternama dunia. Salah satunya adalah Dian Pelangi. Disandingkan dengan foto asli Dian, tampilan Barbie dibuat sangat mirip termasuk gaya jilbab, busana, serta posenya. Dalam foto tersebut, desainer busana muslim Indonesia berusia 26 tahun itu mengenakan salah satu koleksinya berpotongan A-line. Palet ungu dan keemasan bercampur memberikan kesan yang anggun.

Sementara Barbie juga mengenakan gaun seperti Dian. Garis busananya dibuat mirip dress yang dikenakan oleh desainer berdarah Palembang itu. Pose Dian dengan tangan kanan di depan juga diikuti oleh Barbie yang mengenakan kerudung ungu tersebut. Bahkan Barbie juga menggunakan lipstik merah muda seperti Dian Pelangi.

“#Hijarbie meets @dianpelangi! She’s wearing one of her creations from @dianpelangicom here,” begitu caption Haneefah di akun Instagram @hijarbie.

Ilhan Omar

Tidak hanya Dian, hadir pula beberapa ikon hijabers lain yang berhasil mencetak sejarah karena menginspirasi dan tetap setia dengan jilbabnya. Seperti Ilhan Omar, salah satu politikus berhijab berdarah Somalia Amerika. Haneefah menggambarkan Ilhan ketika mengenakan busana serba biru.

Barbie yang dipilih benar-benar mirip Omar termasuk cara senyum hingga struktur hidungnya. Warna kulit Barbie juga kecokelatan seperti Omar. Begitu pula dengan pilihan kalung yang persis seperti foto asli dari Omar.

“History is made as the First Somali-American woman and legislator, Ilhan Omar #IlhanOmar is elected as State Representative in District 60B. She is an experienced policy analyst, community educator and advocate. In Light of recent events 😔, […And hold on firmly to the rope of Allah all together and do not become divided. And remember the favour of Allah upon you…] Al Imran. 103-104. Try and show people the beauty of Islam❤️ through your actions. Stay safe and wear your hijab with pride!” tulis Haneefah di Instagram.

Selain itu, hadir pula Barbie yang menyerupai hijabers pertama perwakilan Amerika di Olimpiade, Ibtihaj Muhammad. Ibtihaj juga digambarkan dalam pakaian atlet anggar menggunakan pedang dan penutup wajah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tenaga kerja asing

Imigrasi Ungkap Gaji TKA Ilegal Yang Fantastis di Nabire

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura, Timika, Papua menyebut puluhan pekerja asing atau TKA ilegal yang bekerja di tambang emas rakyat di...
Sudrajat-Syaikhu

101 Purnawirawan Jenderal Turun Gunung Menangkan Pasangan Asyik

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) telah menerjunkan sebanyak 101 purnawirawan perwira tinggi TNI ke Jawa Barat untuk memperjuangkan kemenangan Pasangan Calon...

Aparat Siap Amankan 332 TPS di Kota Banjar

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Polres Kota Banjar, menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Banjar serta pemilihan...

Nelayan Dilibatkan Pencarian Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun

SIMALUNGUN, SERUJI.CO.ID  - Basarnas melibatkan nelayan tradisional yang selama ini beroperasi di Danau Toba untuk mencari penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam sejak 18...
Pesawat N219

Baku Tembak dengan Separatis Masih Berlangsung, Evakuasi Sulit Dilakukan

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID -  Maskapai penerbangan Trigana Air kesulitan mengevakuasi kru dan pesawat yang ditembak Kelompok Separatis Papua di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, Senin...
loading...