Tips Diet untuk Anak Kost, Meski Tetap Makan di Warteg

Menjaga pola hidup sehat adalah kewajiban semua orang, termasuk anak kost yang sedang merantau.

SERUJI.CO.ID – Anak kost yang sedang merantau sering terkendala untuk mencari makanan, karena jauh dari rumah dan tidak ada masakan yang setiap saat ada di meja makan. Kalau sudah begini, warteg dan kantin kantor atau kampus menjadi andalan.

Agar tak salah arah dan justru menambah masalah, sebaiknya pilih menu-menu berikut untuk santap makan anda:

Menu Daging dan Ikan

Daging ayam terutama bagian dada mengandung banyak protein. Sedangkan ikan, kaya akan lemak baik yang baik bagi kesehatan jantung.

Omega 3, vitamin D dan selenium dalam ikan, berperan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sekaligus juga menormalkan tekanan darah dan ritme jantung. Agar tidak menambah kalori dalam tubuh, sebaiknya pilih menu daging ayam atau ikan yang tidak digoreng.

Jangan Ambil Makanan yang Digoreng

Alih-alih mengambil menu goreng, sebaiknya pilih men yang direbus atau ditumis. Makanan yang digoreng hanya akan menambah jumlah kalori dalam tubuh. Setiap 5 gram atau satu sendok minyak mengandung 50 kalori.

Bayangkan jika untuk menggoreng makanan, dibutuhkan minyak berliter-liter. Berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh?

Hindari Santan

1/3 gelas santan mengandung 5 gram lemak jenuh atau setara dengan 50 kalori. Belum lagi jika proses memasaknya digabung dengan minyak. Apalagi ditambah anda mengonsumsi lauk yang digoreng. Bayangkan, berapa jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh?

Lebih baik pilih menu sayur yang berkuah bening, seperti sayur sop atau sayur asem. Anda juga bisa memilih sayuran yang cara masaknya ditumis, seperti cah kangkung dan cap jay.

Setengah Porsi adalah Sayuran

Mengurangi jumlah karbohidrat pada nasi dan menggantinya dengan sayuran, adalah pilihan terbaik bagi anak kost yang ingin hidup sehat dan menjaga berat badan. Kandungan serat dalam sayuran membuat anda kenyang lebih lama. Sayur-sayuran juga menambah kandungan mineral dan vitamin dalam tubuh.

Minum Air Putih

Ketimbang memesan es teh manis, sebaiknya ganti minuman anda dengan air putih. Satu sendok makan gula pasir mengandung 37 kalori dan 9 gram karbohidrat. Padahal dalam sehari, disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 4 sendok agar gula darah tetap terkontrol.[td_smart_list_end]

Menjaga pola hidup sehat adalah kewajiban semua orang, termasuk anak kost yang sedang merantau. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER