close

Ternyata, Menjaga Kesehatan Tulang Bisa Menggunakan Cangkang Telur

Mulai sekarang jangan buang kulit telur anda, manfaatkan kulit telur untuk kesehatan tulang.

SERUJI.CO.ID – Cangkang telur biasa berakhir di tempat sampah setelah isinya digunakan untuk menu makanan. Namun tahukah anda, kulit atau cangkang telur juga punya banyak manfaat untuk kesehatan?

Sebelum membahas bagaimana cara mengolah cangkang telur, ketahui dulu apa saja yang terkandung di dalam cangkang telur.

Cangkang telur terbuat dari kalsium karbonat. Jenis kalsium ini mengandung mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Bahkan, dalam satu cangkang telur, mengandung 40 persen kalsium.

 

Setengah dari kulit telur ini mampu memenuhi hampir separuh kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Mineral lain selain kalsium, seperti strontium, fluorida, magnesium, selenium dan protein, juga berpengaruh pada kesehatan tulang.

Jumlah kalsium yang terpenuhi dalam tubuh dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi, mengurangi resiko osteoporosis dan juga menjaga kesehatan sendi.

Kalsium dalam cangkang telur dapat menenangkan sistem saraf untuk mengurangi rasa sakit, sekaligus menghentikan pendarahan ketika terluka.

Bagaimana cara mengolah kulit telur?

Pertama-tama anda perlu merebus telur hingga benar-benar matang, agar telur terhindar dari bakteri dan zat asing yang menempel seperti timbal, aluminium, kadmium dan merkuri.

Setelah itu kupas telur dan ambil kulitnya, blender sampai benar-benar halus. Pastikan kulit tergerus dengan sempurna sampai menjadi butiran halus, jika masih ada yang belum halus dikhawatirkan akan melukai tenggorokan anda.

Anda bisa menggunakan butiran kulit telur ini untuk campuran minuman atau bisa ditaburkan pada makanan. Jalan lain yang lebih aman adalah anda bisa membeli suplemen kulit telur di toko kesehatan. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI