Meski Gurih dan Lezat, Ternyata Kentang Goreng Sangat Berbahaya Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Kentang goreng pada dasarnya adalah jenis makanan sehat. Siapa sangka, fungsinya berubah menjadi lemak jahat saat pengelolaannya kurang tepat.

SERUJI.CO.ID – Anda penggemar kentang goreng? Mulai sekarang lupakan makanan tersebut jika anda ingin menjaga kesehatan jantung.

Kentang goreng memang camilan yang lezat dan cocok untuk menemani saat anda bekerja, atau sedang santai menonton film favorit anda di rumah.

Pada dasarnya, kentang adalah jenis makanan sehat dan mempunyai nilai gizi tinggi. Belum lagi kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

 

Namun proses pengolahan yang salah justru berakibat buruk pada kesehatan. Ini karena proses pemasakan kentang goreng, menggunakan teknikĀ deep frying atau menggoreng dengan merendam seluruh bagian kentang ke dalam minyak.

Hal ini membuat kentang menyerap minyak lebiih banyak. Padahal minyak goreng mengandung lemak trans dan lemak jenuh, yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Resiko lain adalah membuat anda menjadi kelebihan berat badan karena lemak yang menumpuk, sehingga berpotensi terkena obesitas.

Kentang yang digoreng membuat kalori yang ada di dalamnya bertambah. Bahkan dalam 100 gram kentang goreng saja, terdapat 312 kalori. Ini sama saja anda menyantap sepiring nasi porsi normal untuk sarapan. Bayangkan, camilan anda kalorinya setara dengan makan berat.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah, kentang bukan jenis sayur-sayuran. Kentang adalah makanan pokok yang mengandung karbohidrat, sehingga nilai gizinya sama seperti nasi, mie, bihun, pasta, jagung dan singkong. Sehingga kentang lebih cocok digunakan sebagai pendamping makan besar. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...
close