Meninggalkan Karbohidrat, Apakah Cukup Bijak dalam Menurunkan Berat Badan?

Karbohidrat seringkali disalahkan sebagai penyebab naiknya berat badan. Padahal tubuh masih membutuhkan karbohidrat untuk aktivitas harian.

SERUJI.CO.ID – Masih banyak beredar desas-desus di masyarakat, bahwa karbohidrat adalah faktor utama penyebab kenaikan berat badan. Akhirnya, banyak masyarakat yang mulai mengamini diet anti karbohidrat dan menerapkan hal itu sepanjang hidupnya.

Padahal, karbohidrat adalah salah satu zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh, sebagai “bahan bakar” untuk menghadapi aktivitas sehari-hari.

Inilah alasan mengapa sarapan adalah hal penting dan disarankan mengonsumsi karbohidrat. Ini karena karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi energi.

 

Karbohidrat ada dua jenis, yakni karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang susunan kimianya lebih rumit atau kompleks. Proses pencernaan akan lebih lama mencerna karbohidrat jenis ini, sehingga karbohidrat kompleks dianggap lebih menyehatkan.

Sedangkan karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang terdiri dari gula dasar yang mudah dicerna tubuh. Ada beberapa macam makanan karbohidrat sederhana yang harus dihindari, seperti roti-rotian, pasta, sereal, kue kering dan soda.

Selain menjadi sumber energi, karbohidrat juga akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan energi. Glukosa akan disimpan dalam hati dalam bentuk glikogen. Karbohidrat juga disimpan sebagai cadangan glukosa dalam otot.

Otot bekerja ekstra dalam aktivitas harian anda. Nah, glukosa yang sudah disimpan dalam otot diperlukan agar otot tidak kekurangan tenaga saat anda beraktivitas.

Bagaimana bila cadangan glukosa dalam otot habis?

Otot akan mengambil protein untuk dijadikan energi. Tentunya ini bukan kabar baik bagi tubuh. Proses pengubahan protein menjadi energi akan berpengaruh pada massa otot tubuh. Selain itu, tugas protein adalah untuk membentuk massa otot, bukan sebagai cadangan energi. Jika protein pembentuk massa otot berkurang, maka massa otot juga akan berkurang.

Agar tidak kelebihan berat badan, sebaiknya konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang wajar. Jangan sampai porsi karbohidrat melebihi porsi sayuran. (Nia)

1 KOMENTAR

  1. Min..energy bkn hny dr karbo,lemak jg energy…carbo mudah dibakar dlm tubuh, itu sebabnya lemak menempel diperut, lengan dll tak terbakar, jk hny lemak, low carbo tbh dpt asupan energy dr lmak, lemak memperbaiki sel yg rusak tdk dg carbo, pun dg glucosa tbh bisa bikin sndr #KF

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...