Mengenal Aterosklerosis Yang Jarang Dirasakan Manusia

Pada dasarnya penyakit jantung tidak menyerang secara tiba-tiba. Prosesnya begitu lama, hanya saja anda tidak menyadarinya.

SERUJI.CO.ID – Pernahkah anda mengetahui fenomena orang meninggal dunia secara tiba-tiba. Padahal terlihat sehat dan baik-baik saja? Kemudian kebanyakan orang berasumsi jika orang yang meninggal dunia tersebut mengidap penyakit jantung.

Dugaan tersebut bisa jadi benar. Namun penyakit jantung tidak menyerang secara tiba-tiba. Bisa jadi aterosklerosis sudah bersarang di tubuhnya, dan perlahan menyerang jantung. Memang aterosklerosis ini banyak tidak dirasakan bagi penderitanya.

Aterosklerosis adalah sebuah kondisi dimana terjadi penyempitan atau pengerasan pembuluh darah, karena terdapat plak dalam pembuluh darah tersebut. Plak ini terbentuk dari kolesterol, lemak, produk buangan dari sel, kalsium dan fibrin.

 

Baca juga: Ini Cara Untuk Mencegah Aterosklerosis Agar Jantung Selalu Sehat

Aterosklerosis datang melalui tahap yang panjang. Dimulai dengan adanya kerusakan pada lapisan dinding pembuluh darah atau endotelium. Kondisi ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, atau pola makan tidak sehat yang menyebabkan masuknya kolesterol jahat dalam darah.

Kerusakan pada endotelium ini akhirnya berkembang dan membentuk plak. Saat kolesterol jahat melewati endotilium yang sudah rusak ini, masuk lewat dinding pembuluh darah. Inilah yang membuat sel darah putih akhirnya mengalir ke endotelium yang rusak, guna membantu mencerna kolesterol jahat yang masuk.

Seiring berjalannya waktu, kolesterol jahat dan sel-sel yang menumpuk akhirnya berkumpul dan membentuk plak pada dinding arteri. Plak yang menempel lama kelamaan bisa menyumbat aliran darah dan menyebabkan orang menderita penyakit jantung dan stroke.

Tersumbatnya pembuluh darah dapat pecah sewaktu-waktu dan mendadak sehingga menyebabkan darah membeku di daerah sekitar pembuluh darah arteri yang pecah. Proses ini memakan waktu cukup lama, tak heran jika penyakit ini menyerang orang yang sudah berumur. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...
close