Membedah Cara Pengelolaan Makanan Agar Indeks Glikemiknya Seimbang

Pada dasarnya tidak ada patokan khusus yang membuat indeks glikemik sebuah makanan tinggi atau rendah.

SERUJI.CO.ID –¬†Indeks Glikemik (IG) bisa menjadi panduan dalam memilih menu makanan. Umumnya IG adalah skor dari skala 0-100, yang menggambarkan seberapa cepat tubuh mengelola glukosa pada makanan. IG sekaligus dapat menjadi patokan bagaimana pengaruh makanan terhadap kadar gula darah dan insulin.

Semakin tinggi nilai glikemik pada sebuah makanan, maka akan semakin besar pula pengaruhnya terhadap perubahan kadar insulin dan gula darah. Makanan dengan nilai glikemik tinggi, membuat kadar gula darah meningkat lebih cepat.

Contohnya saja gula pasir murni yang memiliki nilai glikemik 100. Artinya, karbohidrat dalam gula murni diubah sangat cepat oleh tubuh menjadi gula darah dan menjadi energi bagi tubuh.

 

Baca juga: Mengenal Indeks Glikemik dan Fungsinya untuk Kesehatan

Meski begitu, bukan berarti anda bebas makan makanan dengan indeks glikemik rendah. Sebab makanan dengan indeks glikemik rendah yang terlalu banyak dikonsumsi, juga berpengaruh pada melonjaknya gula darah dalam tubuh.

Tinggi atau rendahnya gula darah dalam tubuh dipengaruhi banyak faktor, seperti porsi, tekstur, ketebalan makanan dan tingkat kematangannya. Makanan terlalu matang juga membuat indeks glikemik makanan yang awalnya rendah menjadi tinggi.

Makanan yang dimasak sangat matang dengan tekstur halus dan kecil, lebih mudah diserap tubuh dan berpengaruh pada naiknya gula darah. Suhu makanan juga berpengaruh pada indeks glikemik. Nasi dingin mengandung indeks glikemik lebih rendah daripada nasi hangat.

Tak ada patokan pasti yang menentukan apakah makanan tersebut mengandung indeks glikemik rendah atau tinggi. Untuk menyiasatinya, anda bisa mengombinasikan makanan dengan nilai glikemiks rendah dan tinggi. Cara ini dirasa bisa mengurangi efek makanan tersebut pada kadar gula darah. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.
close