close

Manfaat Lemak yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Pada dasarnya manusia masih membutuhkan lemak untuk bertahan hidup. Jangan sampai berlebihan dan jangan sampai kekurangan.

SERUJI.CO.ID – Apa yang langsung terngiang di benak anda, jika mendengar kata lemak?

Mungkin tak sedikit dari anda yang menganggap lemak adalah pemicu berat badan berlebih, kemudian berimbas pada masalah kesehatan.

Tak salah jika beranggapan demikian. Memang benar lemak bisa menimbulkan masalah kesehatan, jika jumlahnya dalam tubuh terlalu berlebihan.

 

Namun, tahukah anda? Jika tubuh masih membutuhkan lemak?

Pada dasarnya lemak adalah sumber energi yang digunakan untuk beraktivitas. Tubuh masih membutuhkan lemak dalam kadar yang normal, untuk menjaga organ agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Jumlah lemak yang normal dalam tubuh, dapat membantu mengatur suhu tubuh dan melindungi manusia dari hawa yang terlalu panas, maupun terlalu dingin. Selain itu, lemak tubuh juga bertugas sebagai pengangkut vitamin A, D, E dan K.

Karena vitamin-vitamin tersebut mudah larut dalam lemak, sehingga lemak bertugas mendistribusikan vitamin-vitamin tersebut ke organ-organ tubuh. Kehilangan terlalu banyak lemak dalam tubuh justru bisa membuat anda lemah dan rentan terserang penyakit.

Seorang atlet yang banyak melakukan aktivitas fisik pun, masih memerlukan keberadaan lemak guna  melindungi tubuh dari cidera yang mungkin saja terjadi saat bertanding. Ini karena lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital dan menjaga sendi-sendi pada tubuh manusia.

Perlu diketahui bagi wanita, lemak adalah bagian dari struktur sel-sel tubuh. Sehingga lemak dapat memelihara kesehatan kulit, rambut dan kuku. Selain itu, lemak dalam tubuh juga membantu produksi hormon.

Wanita kelebihan lemak dan kekurangan lemak, cenderung memiliki kadar estrogen yang rendah. Akibatnya siklus menstruasi menjadi tidak lancar. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar

Pemakaian Tabir Surya Melindungi Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Saat memakai tabir surya dan pelembab, area sekitar mata sering terlupakan, terutama dekat hidung