Manfaat Lemak yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Pada dasarnya manusia masih membutuhkan lemak untuk bertahan hidup. Jangan sampai berlebihan dan jangan sampai kekurangan.

SERUJI.CO.ID – Apa yang langsung terngiang di benak anda, jika mendengar kata lemak?

Mungkin tak sedikit dari anda yang menganggap lemak adalah pemicu berat badan berlebih, kemudian berimbas pada masalah kesehatan.

Tak salah jika beranggapan demikian. Memang benar lemak bisa menimbulkan masalah kesehatan, jika jumlahnya dalam tubuh terlalu berlebihan.

 

Namun, tahukah anda? Jika tubuh masih membutuhkan lemak?

Pada dasarnya lemak adalah sumber energi yang digunakan untuk beraktivitas. Tubuh masih membutuhkan lemak dalam kadar yang normal, untuk menjaga organ agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Jumlah lemak yang normal dalam tubuh, dapat membantu mengatur suhu tubuh dan melindungi manusia dari hawa yang terlalu panas, maupun terlalu dingin. Selain itu, lemak tubuh juga bertugas sebagai pengangkut vitamin A, D, E dan K.

Karena vitamin-vitamin tersebut mudah larut dalam lemak, sehingga lemak bertugas mendistribusikan vitamin-vitamin tersebut ke organ-organ tubuh. Kehilangan terlalu banyak lemak dalam tubuh justru bisa membuat anda lemah dan rentan terserang penyakit.

Seorang atlet yang banyak melakukan aktivitas fisik pun, masih memerlukan keberadaan lemak guna  melindungi tubuh dari cidera yang mungkin saja terjadi saat bertanding. Ini karena lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital dan menjaga sendi-sendi pada tubuh manusia.

Perlu diketahui bagi wanita, lemak adalah bagian dari struktur sel-sel tubuh. Sehingga lemak dapat memelihara kesehatan kulit, rambut dan kuku. Selain itu, lemak dalam tubuh juga membantu produksi hormon.

Wanita kelebihan lemak dan kekurangan lemak, cenderung memiliki kadar estrogen yang rendah. Akibatnya siklus menstruasi menjadi tidak lancar. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.