Makanan Dengan Bahan Tinggi Gizi Ini, Berubah Menjadi Bahaya dan Penuh Lemak

Meski bahan dasarnya sarat akan protein, karbo dan serat, namun makanan ini tidak baik dikonsumsi tubuh dalam jumlah yang banyak.

SERUJI.CO.ID – Meski berbahan dasar protein hewani, namun ternyata jenis makanan ini tak baik jika dikonsumsi saat diet. Mengapa?

1
Fish and Chips

Bahaya berlebihan makan fish and chips
Bahaya berlebihan makan fish and chips (foto: istimewa)

Meski bahan dasar utama menu ini adalah ikan dori. Namun kandungan gizi dari fish and chips adalah sebesar 1500 kalori. Ini karena pengolahan ikan dori, dilumuri tepung dan digoreng dengan metode deep fry. Sehingga menghasilkan sensasi krispi.

Sebenarnya ikan dori adalah jenis ikan yang bagus untuk diet karena mengandung protein, vitamin, serta berbagai mineral seperti yodium, magnesium, selenimum dan masih banyak lagi.

Pengolahan yang salah membuat kandungan dalam ikan ini berkurang, dan berbalik sebaliknya, bisa menambah kadar lemak dalam tubuh.

2
Cheese Burger

Burger memang sangat menggiurkan sekaligus mengenyangkan. Makanan asal Amerika ini terdiri dari tumpukan roti daging dan sayuran mentah segar, seperti selada, tomat dan timun.

Terdengar biasa saja dan cenderung sehat karena terdapat protein hewani, serat dan karbo. Namun dalam 1 porsi burger, mengandung sebesar 1250 kalori.

Lagi-lagi, cara pengolahan bahan dasar utama tersebut penyebabnya. Daging yang digunakan pun, rata-rata bukan daging murni yang hanya dibakar atau dipanggang, melainkan dibumbui dan ditambahkan dengan bahan lain, seperti tepung dan minyak.

BACA JUGA:  Diet Kentang Lebih Menyehatkan

3
Onion Ring

Bahaya makan onion ring
Bahaya makan onion ring berlebihan (foto: istimewa)

Bawang bombay pada dasarnya bagus dikonsumsi untuk kesehatan bahkan bisa digunakan untuk mencegah kanker. Sayang pengolahan yang kurang tepat, dapat membuat gizi baik dalam bawang bombay berkurang.

Seperti yang ada pada camilan onion ring. Camilan berbahan dasar bawang bombay yang dilumuri tepung, kemudian ditaburi tepung roti kemudian digoreng. Dalam 1 porsi onion ring mengandung sebesar 480 kalori.

Apalagi jika anda memakannya setelah konsumsi burger.

4
Chicken Sandwich

Roti bakar yang diselipi daging ayam dan sayuran mentah ini memang cukup sehat, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Chicken sandwich bisa jadi menu makanan berbahaya apabila anda mengonsumsinya di luar batas wajar. Bahkan dalam satu tangkup sandwich ini mengandung sekitar 1160 kalori.

5
Kentang Goreng

kentang goreng
Bahaya makan kentang goreng terlalu sering (foto; istimewa)
Jika diolah dengan tepat, kentang bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh. Namun bayang-bayang bersalah akan muncul, jika anda mengonsumsi kentang goreng. Ini karena dalam satu porsi kentang goreng, mengandung banyak lemak yang justru akan menghambat program diet anda.
Agar tidak menimbulkan rasa bersalah, sebaiknya hindari menu ini dalam program diet anda. (Nia)

TERPOPULER

TERBARU

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.