Mengenal Cara Kerja Bakteri Baik Pada Bayi dan Cara Kerjanya

Memberi ASI pada anak ternyata juga membekali anak dengan "tentara" baik. Apa itu?

SERUJI.CO.ID – Bunda, tahukah anda? Jika buah hati membutuhkan bakteri untuk perkembangan tumbuh kembang mereka.

Bakteri dalam pembahasan kali ini adalah bakteri baik yang ada di usus bayi. Jumlahya pun harus seimbang dan tepat. Karena bakteri baik adalah pelindung yang bertugas memperkuat sistem imun bayi, guna melawan serangan bakteri jahat yang menyebabkan datangnya penyakit dan gangguan kesehatan lain.

Bagaimana cara menjaga keseimbangan bakteri baik di usus bayi?

 

Cara yang paling sederhana adalah dengan memberikan ASI secara eksklusif pada enam bulan pertama. Pada saat lahir, bakteri baik pada bayi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan orang dewasa.

Dua tiga tahun pertama anak adalah masa-masa penting untuk perkembangan bakteri baik di usus si kecil. Bacteroides dan Lactobacillus adalah kelompok bakteri usus yang berperan meningkatkan sistem imun bayi. Komposisi bakteri ini akan menyerupai orang dewasa ketika anak masuk usia tiga tahun.

Kandungan nutrisi dalam ASI dapat dicerna usus bayi. Tak hanya itu, ASI juga mengandung imunitas pasif dari ibu, sehingga lactoferrin dan zat-zat lain berperan membantu sistem imun bayi.

Kandungan Human Milk Oligosaccharide (HMO), banyak ditemukan pada ASI. HMO ini berperan penting untuk sumber energi pada sel-sel usus besar, dan menjadi bahan pertumbuhan bakteri baik. Sayang kandungan HMO ini tidak ditemukan dalam susu formula.

Lalu bagaimana dengan anak yang terbiasa mengonsumsi susu formula?

Bayi yang mengonsumsi susu formula lebih banyak mendapat bakteri yang berasal dari Enterococcus dan Enterobacteria. Hal ini membuat sistem imun pada bayi menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengusahakan ASI untuk buah hati anda.

Jangan asal memberi susu formula pada anak. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...