close

Kenali Gejala Cedera Kepala Agar Dapat Tertangani Dengan Cepat

Tak disangka-sangka gejala-gejala ini bisa menjadi indikasi adanya cedera kepala.

SERUJI.CO.ID – Cedera kepala adalah sebuah kondisi karena adanya luka yang terjadi di jaringan lunak kepala, otak dan tulang tengkorak. Penyebabnya bisa beragam, salah satunya adalah kecelakaan, terbentur, atau kejatuhan benda berat.

Terdapat dua jenis cedera kepala, yakni traumatic brain injury dan acquired brain injury. Traumatic brain injury atau biasa dikenal dengan nama cedera intracranial, adalah cedera kepala yang berasal dari tekanan luar, seperti pukulan dan benturan.

Cedera ini bisa menyebabkan otak bergerak dan bergeser di dalam tengkorak. Jika dalam keadaan parah, bisa menyebabkan kerusakan tengkorak dan berimbas pada kerusakan otak.

 

Sedangkan acquired brain injury, biasa dikenal dengan istilah cedera otak dalam, adalah jenis cedera yang berasal dari tekanan dalam otak. Biasanya ini ada kaitan dengan penyakit saraf, seperti stroke.

Dampak yang ditimbulkan pun bermacam-macam, salah satunya adalah dampak kognitif yang membuat si penderita mengalami kesulitan dalam mengolah informasi dan memahami maksud dari lawan bicara.

Kurang fokus, mudah lupa dan sulit mengambil keputusan, bisa jadi merupakan dampak yang ditimbulkan dari cedera kepala. Selain itu, jika sudah parah, cedera otak dapat mengganggu kemampuan panca indera, seperti gangguan penglihatan, pendengaran, indera peraba dan berkurangnya sensitivitas hidung terhadap bau-bauan.

Dampak lain yang bisa dilihat dari fisik adalah sering tremor dan kejang-kejang. Segera hubungi dokter bila mengalami gejala-gejala tersebut. Cedera kepala ringan masih bisa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Tetapi jika cedera termasuk kategori berat, perlu adanya penanganan medis seperti operasi dan rehabilitasi. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar