close

Kenali Gejala Cedera Kepala Agar Dapat Tertangani Dengan Cepat

Tak disangka-sangka gejala-gejala ini bisa menjadi indikasi adanya cedera kepala.

SERUJI.CO.ID – Cedera kepala adalah sebuah kondisi karena adanya luka yang terjadi di jaringan lunak kepala, otak dan tulang tengkorak. Penyebabnya bisa beragam, salah satunya adalah kecelakaan, terbentur, atau kejatuhan benda berat.

Terdapat dua jenis cedera kepala, yakni traumatic brain injury dan acquired brain injury. Traumatic brain injury atau biasa dikenal dengan nama cedera intracranial, adalah cedera kepala yang berasal dari tekanan luar, seperti pukulan dan benturan.

Cedera ini bisa menyebabkan otak bergerak dan bergeser di dalam tengkorak. Jika dalam keadaan parah, bisa menyebabkan kerusakan tengkorak dan berimbas pada kerusakan otak.

 

Sedangkan acquired brain injury, biasa dikenal dengan istilah cedera otak dalam, adalah jenis cedera yang berasal dari tekanan dalam otak. Biasanya ini ada kaitan dengan penyakit saraf, seperti stroke.

Dampak yang ditimbulkan pun bermacam-macam, salah satunya adalah dampak kognitif yang membuat si penderita mengalami kesulitan dalam mengolah informasi dan memahami maksud dari lawan bicara.

Kurang fokus, mudah lupa dan sulit mengambil keputusan, bisa jadi merupakan dampak yang ditimbulkan dari cedera kepala. Selain itu, jika sudah parah, cedera otak dapat mengganggu kemampuan panca indera, seperti gangguan penglihatan, pendengaran, indera peraba dan berkurangnya sensitivitas hidung terhadap bau-bauan.

Dampak lain yang bisa dilihat dari fisik adalah sering tremor dan kejang-kejang. Segera hubungi dokter bila mengalami gejala-gejala tersebut. Cedera kepala ringan masih bisa diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Tetapi jika cedera termasuk kategori berat, perlu adanya penanganan medis seperti operasi dan rehabilitasi. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?

Nia Zulkarnaen Tertarik Bikin Film Tentang Wakatobi

Nia Zulkarnaen akan garap film tentang anak-anak yang berlibu di Wakatobi. Kenapa Nia memilih Wakatobi? Simak alasannya