Kapan Harus Memberi Susu Pada Anak, Pagi Hari Atau Malam Hari?

Ternyata susu memberi manfaat yang berbeda ketika diminum pagi hari dan malam hari. Manfaat tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan anak di waktu-waktu tertentu.

SERUJI.CO.ID – Susu adalah minuman terbaik untuk tumbuh kembang anak, karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan vitamin D.

Karena kandungannya ini, susu baik diberikan pada anak sebelum mereka memulai aktivitas hari guna memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk mengawalli hari.

Namun banyak juga orang tua yang beranggapan, pemberian susu sebaiknya dilakukan malam hari sebelum tidur. Dengan maksud, vitamin dan mineral akan bekerja saat buah hati beristirahat. Benarkah demikian?

 

Pada dasarnya, menurut penelitian, tak ada aturan yang mutlak mengenai pemberian susu pada anak, apakah pagi atau malam hari.

Hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah, jangan memberikan susu sebagai pendamping makanan utama pada anak. Ini karena kandungan protein pada susu cukup tinggi, jika diberikan sebelum menyantap makanan utama, dikhawatirkan anak sudah merasa kenyang dan malas makan.

Padahal, untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Anak tetap harus makan gizi seimbang yang didapat dari menu lain.

Inilah alasan mengapa susu sebaiknya diberikan di pagi hari saat sarapan. Karena saat sarapan, anak tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan berat.

Kandungan protein yang tinggi menjaga anak dari rasa lapar yang menyerang. Sehingga membuat mereka dapat fokus mengikuti kegiatan belajar di sekolah, hingga waktu siang datang.

Selain itu penelitian menyebutkan, konsumsi susu di pagi hari membantu melancarkan aktivitas saraf dan otak buah hati. Tentunya ini membuat anak lebih mudah menyerap informasi yang diberikan dan juga membantu perkembangan proses belajarnya.

Sedangkan memberikan susu sebelum tidur, membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan lebih cepat. Sehingga kalsium dari susu dapat terserap dan bekerja maksimal untuk menguatkan tulang anak.

Memberi susu sebelum tidur pada anak juga membuat tidur mereka lebih berkualitas dan jarang terbangun tengah malam. Ini karena susu dapat mengendurkan otot-otot tubuh si kecil menjadi lebih rileks dan nyenyak saat tidur.

Tidur yang berkualitas membuat buah hati lebih segar keesokan harinya. Tak berhenti sampai di situ, memberikan susu pada anak sebelum tidur membuat pencernaan anak menjadi lancar. Tak heran jika keesokan harinya anak lebiih mudah buang air besar.

Tak ada salahnya memberikan susu pada anak baik di pagi hari atau malam hari. Yang perlu menjadi perhatian bunda adalah, batasan pemberian gula untuk membuat rasa susu semakin manis. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.