close

Jenis Makanan yang Boleh Dikonsumsi Pasien Tipes Agar Lekas Sembuh

Makanan jenis ini dapat mempercepat penyembuhan pada penyakit tipes.

SERUJI.CO.ID – Musim hujan begini membuat penyebaran bakteri lebih cepat. Terutama bakteri salmonella typhi yang bisa menyebabkan orang terkena tipes. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh, melalui makanan dan minuman yang tidak terjaga kebersihannya.

Saat tipes sudah menyerang, sebaiknya anda segera istirahat dan konsumsi jenis makanan ini agar bakteri segera hilang dari tubuh.

Makanan Lunak

Penyakit ini umumnya akan menyerang sistem pencernaan. Agar pencernaan tenang dan tidak bekerja terlalu keras, anda perlu mengonsumsi makanan yang lunak, lembek dan berkuah. Makanan ini lebih dapat dicerna oleh lambung dan tidak melukai usus.

Makanan Tinggi Protein

 

Kandungan dalam protein berfungsi sebagai sumber tenaga dan dapat membangun serta memelihara jaringan yang rusak. Bagi orang yang sedang terkena tipes, asupan makanan tinggi protein ini diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber makanan yang mengandung protein tinggi terdapat pada dada ayam, hati ayam, telur, ikan, tahu dan tempe. Namun perlu diingat agar tetap mengolahnya selunak mungkin, agar dapat diserap baik oleh pencernaan. Alih-alih digoreng, anda bisa memprosesnya dengan merebus atau mengukus.

Rendah Serat

Pantangan terbesar bagi penderita tipes adalah makan makanan yang mengandung serat tinggi. Pasalnya, makanan berserat dikhawatirkan akan melukai usus yang sudah meradang akibat penyakit tipes.

Untuk sementara waktu sampai kondisi benar-benar pulih, tinggalkan makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur. Gantinya anda bisa memakan nasi putih atau bubur, kentang, roti tawar dan makanan rendah serat lainnya. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI