Wali Kota Depok: Jaga Kelestarian Silat Betawi

0
77
Silat Betawi
Silat Betawi

DEPOK, SERUJI.CO.ID – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengajak warga ikut menjaga kelestarian bela diri silat Betawi sebagai seni budaya tradisional asli Indonesia.

“Saya harap lewat organisasi Pencak Silat (PS) Cimacan Galuh Mekar Cinere (CGMC), perguruan silat yang ada bersatu untuk meningkatkan minat generasi muda terhadap seni bela diri warisan leluhur tersebut,” katanya di Depok, Senin (8/1).

Ia mengkhawatirkan kalau tidak mendapatkan perhatian dari elemen masyarakat, maka lambat laun seni bela diri pencak silat bisa tergerus zaman.

“Ini adalah upaya yang positif dalam menjaga budaya tradisional agar tetap eksis di masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya perguruan, kata Idris, merupakan langkah strategis guna mendidik generasi muda Depok tentang filosofi seni bela diri. Berlatih pencak silat, imbuhnya, bukan untuk kesombongan atau menjadi sering berkelahi, tapi, untuk menjaga diri dan melindungi yang lemah.

Selain itu, Wali kota juga mengajak agar jawara-jawara pencak silat dapat bersinergi bersama tiga pilar di lingkungannya masing-masing. Termasuk memberikan kontribusi dalam menjaga daerah-daerah rawan kriminalitas.

“Kami juga berharap, dengan adanya perguruan Pencak Silat Cimacan Galuh Mekar Cinere, selain sebagai wadah silaturahmi antarjawara, juga meningkatkan keamanan Kota Depok,” ujarnya.

Sementara itu, Manin HS selaku Ketua PS Cimacan Galuh Mekar Cinere berterima kasih terhadap dukungan yang ditunjukkan pemerintah terhadap kelangsungan seni bela diri pencak silat Betawi. Ia berharap, keberadaan organisasinya berkontribusi positif terhadap generasi muda Depok agar tidak terjerumus terhadap lingkungan yang negatif.

“Pesan orang tua kita, agar jangan sampai anak-anak kita itu tidak memiliki bekal apa pun di masa depan mereka. Dengan mempelajari pencak silat, upaya kita untuk memberikan bekal bela diri, terhadap mereka sehingga bisa menjadi orang yang bermanfaat,” katanya. (Ant/SU05)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...