Rampak Gendang Gowa Pecahkan Rekor Internasional

0
88
Ra,pak Gendang Gowa Pecahkan Rekor, Jumat (17/11/2017).

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan atas prestasinya yang memecahkan rekor penabuhan gendang serentak sebanyak 1.000 orang dan alat musiknya.

“Berdasarkan hitungan kita juga, ada 1.000 alat musik gendang dan 1.000 orang yang ada di Lapangan Syekh Yusuf yang menabuh gendang secara bersama dan ini memecahkan rekor,” ujar Direktur Leprid, Paulus Pangka di Kabupaten Gowa, Jumat (17/11).

Ia mengatakan, 1.000 penabuh gendang atau lebih dikenal disebut “Paganrang” dalam bahasa Makassar itu menabuh gendang serentak dengan irama “Tunrung Pakanjara” dalam puncak acara hari jadi Gowa ke-697 memecahkan rekor Leprid 2017.

Paulus menyatakan, rampak gendang yang dilakukan masyarakat Gowa dalam puncak acara HUT Gowa ini merupakan kelompok pemain gendang terbanyak dan gendangnya pun terbanyak yakni 1.000 buah.

“Rekor terjadi jika dia memenuhi unsur kualitatif dan kuantitatifnya, apalagi memenuhi unsur inspiratifnya. Artinya yang dibidik di sini adalah yang inspiratif dan berkualitas. Atraksi paganrang dengan gendang 1.000 buah ini sudah melampaui dari jumlah dan indikatornya,” katanya.

Dijelaskannya, ketentuan rekor internasional itu minimum pesertanya 250 orang dan atau berupa benda yang ditampilkan minimum 250 buah dan hari ini Pemkab Gowa menghadirkan sebanyak 1.000.

“Rampak gendang Tunrung Pakanjara masuk rekor Leprid,” terangnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam peringatan HUT Gowa ke-697 itu mengaku jika peringatan hari ulang tahun setiap tahunnya digelar secara meriah dengan menghadirkan makna yang berbeda-beda.

“Untuk tahun ini, kita mengangkat tema, ‘Dengan Peringatan Hari Jadi Gowa Ke-697, Kita Revitalisasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Merajut Kebersamaan Menuju Gowa Yang Lebih Baik’. Ini tentunya memberi harapan kepada seluruh masyarakat Gowa untuk bisa mengaktualkan dari nilai-nilai tersebut,” ucapnya. (Ant/SU01)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sriwijaya FC

Sriwijaya FC Targetkan Juara Piala Indonesia 2018

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Sriwijaya FC menargetkan juara di ajang Piala Indonesia 2018 yang akan bergulir pada pertengahan Juli mendatang dan sebelumnya telah tiga kali menjuarai...
Penggelapan dana

Jadi Tahanan KPK , Dua Cawali Malang Terancam Tidak Mencoblos

MALANG, SERUJI.CO.ID -  Dua calon Wali Kota Malang (Cawali), masing-masing Ya'qud Ananda Qudban dan Moch Anton terancam tidak bisa menggunakan hak politiknya dan mencoblos pada...

Polisi Kerahkan Ratusan Personel Amankan Pilgub Jateng

BANJARNEGARA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Banjarnegara akan menyiagakan sekitar 435 personel untuk mengamankan jalannya Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018...

FIFA Bantah Kasus Doping Pemain Rusia

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  FIFA pada Ahad (24/6) menolak laporan media Inggris yang menyatakan adanya kasus doping yang ditutup-tutupi di antara pemain sepak bola tim nasional...
Orang tenggelam

Wisatawan Danau Tambing Dilaporkan Hilang Tenggelam

PALU, SERUJI.CO.ID - Seorang pengunjung obyek wisata Danau Tambing, di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dilaporkan tenggelam saat menikmati keindahan...