close

Menguak Mitos Jawa, Wanita Jangan Duduk di Depan Pintu

Perempuan jangan duduk di depan pintu. Nanti seret jodoh, benarkah?

SERUJI.CO.ID – Sebagai wanita keturunan Jawa, tentu tidak asing dengan teguran dari nenek atau kakek, yang melarang duduk di antara pintu.

Jangan duduk di depan pintu, nanti seret jodoh

atau

Jangan berdiri depan pintu, rezeki jadi seret

Meski sudah mendapat jodoh dan menikah. Larangan ini juga masih berlaku untuk ibu hamil. Dikatakan sesepuh, berdiri depan pintu akan menghambat saat proses persalinan. Bahkan ada juga yang menganggap duduk di depan pintu, akan mengganggu makhluk halus yang sedang berlalu lalang melewati pintu tersebut.

Akibatnya pelanggar pantangan ini bisa mengalami sakit, imbas dari teguran si makhluk halus.

 

Jika ditarik secara logika memang tidak ada kaitannya duduk di depan pintu dengan seret jodoh, rejeki atau bahkan persalinan yang sulit.

Namun bila dinalar, mitos ini bisa berarti jika wanita duduk di depan pintu, akan mengganggu tamu yang akan masuk. Bagi ibu hamil, duduk di depan pintu dan terpapar udara bebas bisa menyebabkan virus atau bakteri lebih mudah masuk.

Padahal saat hamil, daya tahan ibu berkurang dan membuat ibu rentan terinfeksi penyakit, misalkan saja flu. Dari segi kesehatan, duduk di depan pintu juga berpotensi membuat anda masuk angin, apalagi ketika cuaca tidak menentu seperti sekarang. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?