SCROLL KE ATAS UNTUK BACA BERITA

MENU

Menguak Mitos Jawa, Wanita Jangan Duduk di Depan Pintu

Perempuan jangan duduk di depan pintu. Nanti seret jodoh, benarkah?

SERUJI.CO.ID – Sebagai wanita keturunan Jawa, tentu tidak asing dengan teguran dari nenek atau kakek, yang melarang duduk di antara pintu.

Jangan duduk di depan pintu, nanti seret jodoh

atau

Jangan berdiri depan pintu, rezeki jadi seret

Meski sudah mendapat jodoh dan menikah. Larangan ini juga masih berlaku untuk ibu hamil. Dikatakan sesepuh, berdiri depan pintu akan menghambat saat proses persalinan. Bahkan ada juga yang menganggap duduk di depan pintu, akan mengganggu makhluk halus yang sedang berlalu lalang melewati pintu tersebut.

Akibatnya pelanggar pantangan ini bisa mengalami sakit, imbas dari teguran si makhluk halus.

Jika ditarik secara logika memang tidak ada kaitannya duduk di depan pintu dengan seret jodoh, rejeki atau bahkan persalinan yang sulit.

- Advertisement -

Namun bila dinalar, mitos ini bisa berarti jika wanita duduk di depan pintu, akan mengganggu tamu yang akan masuk. Bagi ibu hamil, duduk di depan pintu dan terpapar udara bebas bisa menyebabkan virus atau bakteri lebih mudah masuk.

Padahal saat hamil, daya tahan ibu berkurang dan membuat ibu rentan terinfeksi penyakit, misalkan saja flu. Dari segi kesehatan, duduk di depan pintu juga berpotensi membuat anda masuk angin, apalagi ketika cuaca tidak menentu seperti sekarang. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

close