Lombok Berpresean Resmi Dibuka Hari Ini

MATARAM – Sekitar lima puluh pasang pepadu (petarung) akan bertanding dalam ajang festival ‘Lombok Berpresean Puncak Tarung 2’, Minggu (19/2), di Padepokan Siluman Pengsong, Desa Parampuan, Kecamatan Labu Api, Kabupaten Lombok Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, anggota DPR RI Dapil Banten Zulkieflimansyah, beberapa tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta tokoh adat se-Pulau Lombok.

Ketua panita acara, Muldan, dalam laporannya mengatakan, ‘Lombok Berpresean Puncak Tarung 2’ merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan budaya leluhur masyarakat Sasak yang mendiami Pulau Lombok.  Dikatakan, festival presean ini berlangsung selama sepuluh hari, dari tanggal 19-28 Februari 2017 yang melibatkan sedikitnya dua puluh padepokan pepadu se-Pulau Lombok.

“Kita berharap, akan muncul jiwa patriotisme dan nasionalisme dari para pepadu, setelah mengikuti pertandingan ini” jelas Muldan.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dalam sambutannya mengapreasiasi inisiatif panitia untuk mengadakan presean di wilayahnya. “Saya mengapresiasi inisiatif penyelenggara presean ini dan mendukung penuh. Ini adalah bentuk komitmen kita bersama dalam melestarikan budaya leluhur kita.” terang Fauzan.

Orang nomor satu di Gumi Patuh Patju ini berharap, para pepadu yang bertarung nantinya menjunjung tinggi sportifitas, agar persatuan dan persaudaraan tetap terjalin.

Senada dengan Fauzan, anggota DPR RI yang digadang-gadang sebagai bakal calon gubernur NTB pada Pilkada 2018 mendatang, Zulkieflimansyah menyambut baik kegiatan presean ini. Ia mengatakan, pemerintah ke depan harus menyiapkan ruang ekspresi yang luas bagi masyarakat untuk menyampaikan pikirannya dan juga pengembangan seni dan budaya lokal demi kemajuan daerah.

“Masyarakat tidak menuntut banyak dari pemerintah. Mereka hanya butuh ruang berekspresi yang cukup untuk menuangkan kegembirannya,” katanya.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER