Lombok Berpresean Resmi Dibuka Hari Ini

0
134
Lombok berpresean menjadi ajang pelestarian budaya. (Foto: Syamsul Bahri)

MATARAM – Sekitar lima puluh pasang pepadu (petarung) akan bertanding dalam ajang festival ‘Lombok Berpresean Puncak Tarung 2’, Minggu (19/2), di Padepokan Siluman Pengsong, Desa Parampuan, Kecamatan Labu Api, Kabupaten Lombok Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, anggota DPR RI Dapil Banten Zulkieflimansyah, beberapa tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta tokoh adat se-Pulau Lombok.

Ketua panita acara, Muldan, dalam laporannya mengatakan, ‘Lombok Berpresean Puncak Tarung 2’ merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan budaya leluhur masyarakat Sasak yang mendiami Pulau Lombok.  Dikatakan, festival presean ini berlangsung selama sepuluh hari, dari tanggal 19-28 Februari 2017 yang melibatkan sedikitnya dua puluh padepokan pepadu se-Pulau Lombok.

“Kita berharap, akan muncul jiwa patriotisme dan nasionalisme dari para pepadu, setelah mengikuti pertandingan ini” jelas Muldan.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dalam sambutannya mengapreasiasi inisiatif panitia untuk mengadakan presean di wilayahnya. “Saya mengapresiasi inisiatif penyelenggara presean ini dan mendukung penuh. Ini adalah bentuk komitmen kita bersama dalam melestarikan budaya leluhur kita.” terang Fauzan.

Orang nomor satu di Gumi Patuh Patju ini berharap, para pepadu yang bertarung nantinya menjunjung tinggi sportifitas, agar persatuan dan persaudaraan tetap terjalin.

Senada dengan Fauzan, anggota DPR RI yang digadang-gadang sebagai bakal calon gubernur NTB pada Pilkada 2018 mendatang, Zulkieflimansyah menyambut baik kegiatan presean ini. Ia mengatakan, pemerintah ke depan harus menyiapkan ruang ekspresi yang luas bagi masyarakat untuk menyampaikan pikirannya dan juga pengembangan seni dan budaya lokal demi kemajuan daerah.

“Masyarakat tidak menuntut banyak dari pemerintah. Mereka hanya butuh ruang berekspresi yang cukup untuk menuangkan kegembirannya,” katanya.

EDITOR: Rizky

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Ignasius Jonan

Beda dengan Sri Mulyani, Ignasius Jonan Akui “HoA” Freeport Tak Mengikat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keterangan pemerintah terkait head of agreement (HoA) dalam pembelian Freeport mulai saling bertolak belakang. Bila sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bahwa HoA...

Pemprov DKI Undang Pemasang Bendera Asian Games Pakai Bambu ke Balai Kota

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengundang Thamran (40), salah satu warga Penjaringan yang memasang bendera negara peserta Asian Games 2018 menggunakan...
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto

Idrus Marham Diperiksa Terkait Suap PLTU Riau 1 Saat Jabat Sekjen Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Sosial Idrus Marham mengaku sudah kenal lama dengan dua tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga...

Jabatan Ngabalin Bertambah, Kini Diangkat Sebagai Komisaris Angkasa Pura I

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Politisi Golkar Ali Mochtar Ngabalin yang belum lama ini diangkat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi...
Obar Asian Games 2018

Kapolda Hingga Gubernur Jateng Ikut Bawa Obor Asian Games 2018

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Pawai obor Torch Relay Asian Games 2018 digelar guna menyambut ajang ini dengan...