Lombok Berpresean Resmi Dibuka Hari Ini

MATARAM – Sekitar lima puluh pasang pepadu (petarung) akan bertanding dalam ajang festival ‘Lombok Berpresean Puncak Tarung 2’, Minggu (19/2), di Padepokan Siluman Pengsong, Desa Parampuan, Kecamatan Labu Api, Kabupaten Lombok Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, anggota DPR RI Dapil Banten Zulkieflimansyah, beberapa tokoh pemuda, tokoh masyarakat, serta tokoh adat se-Pulau Lombok.

Ketua panita acara, Muldan, dalam laporannya mengatakan, ‘Lombok Berpresean Puncak Tarung 2’ merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan budaya leluhur masyarakat Sasak yang mendiami Pulau Lombok.  Dikatakan, festival presean ini berlangsung selama sepuluh hari, dari tanggal 19-28 Februari 2017 yang melibatkan sedikitnya dua puluh padepokan pepadu se-Pulau Lombok.

“Kita berharap, akan muncul jiwa patriotisme dan nasionalisme dari para pepadu, setelah mengikuti pertandingan ini” jelas Muldan.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dalam sambutannya mengapreasiasi inisiatif panitia untuk mengadakan presean di wilayahnya. “Saya mengapresiasi inisiatif penyelenggara presean ini dan mendukung penuh. Ini adalah bentuk komitmen kita bersama dalam melestarikan budaya leluhur kita.” terang Fauzan.

Orang nomor satu di Gumi Patuh Patju ini berharap, para pepadu yang bertarung nantinya menjunjung tinggi sportifitas, agar persatuan dan persaudaraan tetap terjalin.

Senada dengan Fauzan, anggota DPR RI yang digadang-gadang sebagai bakal calon gubernur NTB pada Pilkada 2018 mendatang, Zulkieflimansyah menyambut baik kegiatan presean ini. Ia mengatakan, pemerintah ke depan harus menyiapkan ruang ekspresi yang luas bagi masyarakat untuk menyampaikan pikirannya dan juga pengembangan seni dan budaya lokal demi kemajuan daerah.

“Masyarakat tidak menuntut banyak dari pemerintah. Mereka hanya butuh ruang berekspresi yang cukup untuk menuangkan kegembirannya,” katanya.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.