Ini 5 Lokasi Perayaan Lebaran Topat di Pulau Lombok

MATARAM – Lebaran Topat adalah tradisi budaya yang mengakar di kalangan masyarakat Suku Sasak yang mendiami sebagian besar wilayah Pulau Lombok.

Tradisi ini digelar pada hari ke 8 bulan Syawal atau sepekan setelah perayaan Idul Fitri.

Lebaran topat adalah penanda syukur masyarakat Sasak yang mayoritas beragama Islam, karena telah selesai menjalankan ibadah puasa sunnah selama enam hari di bulan Syawal.

Mereka merayakan lebaran topat dengan berkumpul bersama keluarga, berziarah ke makam leluhur dan berkunjung di tempat-tempat wisata sambil menyantap aneka hidangan bernuansa ketupat.

Menurut salah seorang warga Kekalik, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Johan Rosihan, tradisi lebaran topat adalah tradisi yang unik dan menjadi kekayaan budaya masyarakat yang harus dilestarikan.

“Jika kita runut asal muasal lebaran topat ini, ternyata kental dengan nuansa ke Islamannya. Sebab, enam hari sebelum lebaran topat, masyarakat melanjutkan tradisi bangun sahur dan berpuasa sunnah,” Kata Johan, saat ditemui SERUJI di kediamannya, di Jalan Kertanegara, Kelurahan Kekalik, Kota Mataram.

Hari ini, Ahad (2/7) perayaan Lebaran Topat serentak digelar di beberapa wilayah di Pulau Lombok. Berdasarkan informasi yang diterima SERUJI, ada lima titik utama perayaan lebaran topat tahun ini di Pulau Lombok, diantaranya;

1. Pemkot Mataram

Lokasi perayaan Lebaran Topat dipusatkan di Taman/Makam Loang Baloq yang dibuka oleh Walikota Mataram, H Ahyar Abduh. Kegiatan tersebut ditandai dengan pemotongan ketupat dan makan ketupat bersama pada pukul 10.00 WITA.

Selain di Loang Baloq, kegiatan juga berlangsung di Makam Bintaro yang dibuka oleh Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana.

2. Pemkab Lombok Barat

Perayaan Lebaran Topat dipusatkan di Pantai Duduk Kecamatan Batulayar yang diawali dengan doa bersama pada pukul 08:00 WITA. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Lombok Barat, FKPD dan masyarakat dengan antusiasme pengunjung diperkirakan mencapai 10.000 orang.

3. Pemkab Lombok Utara

Peringatan Hari Raya Lebaran Topat dipusatkan di Pantai Beraringan Kayangan Kabupaten Lombok Utara dan dimulai pukul 08.00 WITA serta diisi dengan perlombaan “Dulang Ketupat (Rangkaian Ketupat)” dan kegiatan Begibung (makan bersama) diikuti oleh peserta dari masing-masing perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Lombok Utara. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Utara, FKPD dan masyarakat dengan antusiasme pengunjung diperkirakan mencapai 5.000 orang.

lebaran ketupat, lebaran topat
Suasana Perayaan Lebaran Topat di Pantai Beraringan, Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. (Foto: Syamsul Bahri/SERUJI)

4. Pemkab Lombok Tengah

Hari Raya Lebaran Topat dipusatkan di Benang Stokel Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan perayaan dimulai pukul 08.00 WITA dan diakhiri dengan makan ketupat bersama (begibung). Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili, FKPD dan masyarakat dengan antusiasme pengunjung diperkirakan mencapai 5.000 orang.

5. Lombok Timur

Meski Pemerintah Kabupaten Lombok Timur jarang mengemas Lebaran Topat dengan berbagai kegiatan menarik, tetapi antusiasme warga yang merayakannya tetap tinggi. Makam Raja Selaparang Kecamatan Pringgabaya menjadi titik kumpul masyarakat yang merayakan Lebaran Topat dengan antusiasme pengunjung diperkirakan mencapai 2.000 orang. (Syamsul/IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Penggratisan Suramadu: Memperdalam Kekeliruan Kebijakan Pemerintah

"Kebijakan ini dibangun di atas paradigma benua, bertentangan dengan paradigma kepulauan. Dalam paradigma benua, kapal bukan infrastruktur, tapi jalan dan jembatan. Kapal disamakan dengan truk dan bis," Prof Danie Rosyid.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.