close

Denyut Teater Greget Jantuk Betawi

Jakarta, Seruji.com—Pertengahan Desember lalu Taman Ismail Marzuki menampilkan GregetJantuk. Diselingi oleh tarian penuh tenaga berunsur gerakan pencak silat dan tarian Betawi yang kental, drama penuh canda-tawa mengalir lancar.

Pertunjukan Topeng Betawi ini merupakan perpaduan seni musik, seni tari, dan seni rupa sekaligus. Sejatinya, kesenian tradisional-kontemporer ini termasuk ke dalam ragam seni teater.

Identitas asli Metropolitan Jakarta adalah budaya Betawi yang unik. Sederet perwujudan budaya Betawi yang kaya itu, antara lain pencak silat palang pintu, boneka ondel-ondel,  tanjidor, Tari Belenggo, dan Tari Lenggang Nyai. Kesenian-kesenian itu biasanya ditampilkan menjelang temu pengantin, acara sunatan, acara budaya resmi pemerintah, dan acara budaya masyarakat umum.

Mengobati kerinduan para penonton, pertunjukan GregetJantuk yang memadukan berbagai unsur kesenian Betawi dalam sebuah pertunjukan teater itu memunculkan kembali seni topeng Betawi Jantuk yang sudah mulai jarang dipertunjukkan. Kemunculan Topeng Jantuk dalam sebuah karya seni kontemporer melahirkan kembali teater tradisional yang kaya akan makna.


Penampilannya di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki yang gedongan dengan pencahayaan dan tata suara yang bermutu tinggi seakan menaikkan kelas sebuah pertunjukan rakyat.  Taman Ismail Marzuki memang dibangun demi visi kebudayaan mendiang Gubernur Ali Sadikin untuk mewujudkan Jakarta sebagai ibukota kebudayaan Indonesia.

Namun,seperti yang telah diungkapkan oleh Irawan Karseno, terjadi ironi karena anggaran Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) sebagai penyelenggara pertunjukan ini ternyata sangatlah kecil, dan itu pun masih harus berbagi dengan kegiatan lain, seperti lomba menulis novel dan puisi.

Anggaran DKJ ialah sekitar Rp 5 miliar per tahun. Jauh di bawah anggaran olah raga di DKI yang sekitar Rp800 miliar. Hal ini juga kontras jika dibandingkan dengan hura-hura perayaan Tahun Baru yang berbiaya sangat mahal.

Sedangkan,seperti yang diketahui, Pendapatan Daerah Pemprov DKI Jakarta Tahun 2015 sangatlah besar, yaitu senilai Rp 44,21 triliun (78,51 persen dari anggaran Rp 56,3 triliun).

Yayasan Seni Ratna yang menampilkan kesenian Topeng Betawi Greget Jantuk ini telah lama bergiat dalam kesenian Betawi. Sederet prestasi internasional pernah diraih olehlembaga yang didirikan pada 1975.Sejumlah acara yang telah diikuti,antara lain World Drum Festival di Sydney, Australia (1988), Festival Mundial De Danzas Folkrolicasdi Palmade Mallorca, Spanyol (2001), Anugerah Budaya Gubernur DKI Jakarta (2006), dan Misi Kebudayaan Betawi ke Museum Peranakan di Singapura (2011). Yayasan yang sekarang dipimpin oleh Entong Sukirman Kisam inisudahberanggotakan 20 orang seniman.(NA)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Puasa: Detoksifikasi Dalam Kehidupan Bergelimang Racun

Penelitian juga menunjukkan bahwa pada saat puasa kadar DDT didapatkan meningkat dalam feses, urin dan keringat mereka yang sedang berpuasa. Ini lah salah satu manfaat utama puasa dalam bidang kesehatan, detoksifikasi, purifikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Tiba di MK, Petugas Tutup Jalan Abdul Moeis

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Aparat gabungan menutup Jalan Abdul Moeis,...

BPN Ajukan Gugatan Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon...

Polisi Diminta Mengusut Kasus Pembakaran Mapolsek Tambelangan Hingga Tuntas

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa...

Jokowi Nyatakan Terbuka Untuk Bertemu Dengan Prabowo

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menyatakan dirinya selalu terbuka...

Polisi dan TNI Tutup Jalan Menuju Kantor Kementerian dan MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Polisi dan TNI masih menutup sejumlah...

Delapan Kompi Gabungan TNI dan Polri Disiagakan di MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian menyiapkan delapan kompi pasukan untuk...

TERPOPULER

Viral: Video Prajurit TNI AD Cegah Polisi Keroyok Peserta Aksi 22 Mei

Diduga video tersebut terkait dengan peristiwa unjuk rasa 22 Mei yang berlangsung di Jakarta, namun tidak diketahui dimana lokasi video tersebut diambil.

BPN Undur ke MK, Pengamat: Dulu Mau Bawa 10 Truk Bukti, Satu Pun Tidak Muncul

"Dulu waktu menggugat hasil Pilpres 2014 juga dilakukan hari terakhir. Gembar-gembornya akan membawa 10 truk kontainer bukti kecurangan, ternyata satu truk pun tidak pernah muncul," kata Ari

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi