Berolahraga di Komplek Makam Raja-Raja Mataram

BANTUL – Makam Raja-Raja Mataram yang terletak di Imogiri Bantul Yogyakarta sudah dibangun semenjak tahun 1632 oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo, yang merupakan keturunan dari Panembahan Senopati Raja Mataram I.

Makam ini terletak di atas perbukitan yang juga masih satu gugusan dengan Pegunungan Seribu. Sebelum memasuki makam raja, terdapat banyak anak tangga yang lebarnya sekitar 4 meter dengan kemiringan hampir 45 derajat, yang menghubungkan permukiman dengan makam.

Anak tangga di komplek Pemakaman Imogiri tersebut berjumlah 409 anak tangga. Menurut mitos yang dipercayai oleh sebagian masyarakat, jika pengunjung berhasil menghitung jumlah anak tangga dengan benar, maka semua keinginannya akan terkabul.

makam raja imogiri
Anak tangga di Makam Raja Imogiri. (Foto: Dhani Hernowo/Seruji)

Terlepas dari mitos yang tentu sangat diragukan kebenarannya ini, komplek Makam Raja Mataram sudah dimanfaatkan sebagai tempat olah raga. Berolah raga di tempat ini diyakini membuat tubuh Anda akan jauh lebih kuat.

Bagaimana tidak, dengan menaiki 409 anak tangga yang memiliki kemiringan hampir 45 derajat tentu akan menguras energi dan memompa otot-otot Anda. Bila dilakukan rutin dan berulang, sudah dipastikan tubuh Anda akan lebih sehat dan kuat.

Bukan sekedar berolahraga saja di makam para raja Mataram ini, Anda juga akan belajar sejarah dan budaya, serta akan disuguhi minuman berkasiat dengan ciri khas Imogiri yaitu Wedang Uwuh yang akan membuat badan anda lebih segar.

 

CJ: Dhani Hernowo
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.