Yusril: Polisi Sebaiknya Tak Memproses Pelaporan Ustadz Tengku Zulkarnain

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyarankan polisi untuk lebih fokus mencari pembuat kabar hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos, daripada menindaklanjuti pelaporan terhadap Ustadz Tengku Zulkarnain.

“Sebaiknya fokus mencari pelaku pertama yang menulis konten hoaks itu dan memviralkannya di medsos. Karena jelas Ustadz Tengku Zulkarnain bukan pelaku utama,” kata Yusril dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/1).

Ia menyatakan Ustadz Tengku Zul memang sempat mempertanyakan kabar dicoblosnya surat suara lewat akun Twitter-nya. Namun cuitan itu kemudian dihapus karena mendapat informasi bahwa kabar itu hoaks.

“Beliau memang sempat mempertanyakan konten hoaks tersebut di akun Twitter miliknya. Namun baru saja di-posting dan di-retweet beberapa orang, beliau segera menghapus tweet dimaksud karena mendapat informasi bahwa konten itu ternyata hoaks,” ucapnya.

Baca juga: Dipolisikan Jokowi Mania, Begini Respons Ustadz Tengku Zulkarnain

“Oleh karena sifat tweet Ustadz Tengku Zulkarnain masih bersifat mempertanyakan, maka ada alasan pemaaf atau pembenar pada beliau sehingga menghapuskan sifat pidana sebagai penyebar konten hoaks tanpa menelitinya lebih dahulu,” imbuhnya.

Yusril menilai Ustadz Tengku Zul merupakan ulama yang berwibawa dan disegani. Ia tak ingin ada lagi isu kriminalisasi agama yang menurutnya bakal menjadi bumerang bagi penegakan hukum yang objektif.

“Ustadz Tengku Zulkarnain adalah ulama yang berwibawa dan disegani. Karena itu, mengambil langkah hukum terhadap beliau harus ekstra hati-hati. Jangan sampai berkembang lagi isu ‘kriminalisasi agama’, yang justru akan jadi bumerang bagi penegakan hukum yang adil dan objektif,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ustadz Tengku Zul dilaporkan relawan Jokowi Mania atas tuduhan menyebarkan hoaks melalui akun Twitternya soal surat suara tercoblos.

Baca juga: Ustadz Tengku Zulkarnain Dipolisikan Jokowi Mania soal Hoaks Surat Suara Tercoblos

Isi cuitan Ustadz Tengku Zul yang dilaporkan: “7 kontainer surat suara Pemilu yang didatangkan dari China sudah tercoblos untuk pasangan nomor 01? (Menyebut salah satu stasiun TV, red). Nampaknya Pemilu sudah dirancang untuk curang? Kalau ngebet banget apa tidak sebaiknya buat surat permohonan agar capres yang lain mengundurkan diri saja? Siapa tahu mau.”

Laporan diterima polisi tertanggal 4/1/2019, teregistrasi dengan nomor LP/B/0019/I/2019/BARESKRIM. (SU05)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER

Prosesi Pernikahan Adat Jawa yang Sarat Makna Sakral

Pernikahan adat biasanya sarat akan makna dan doa. Harapan diamini di setiap prosesi yang dilaksanakan.

KUNTUM KHAIRA UMMATIN