Tirto Pelintir Pernyataan KH Ma’ruf Seolah “Legalkan Zina”, Gus Nadir: Sangat Kelewatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Portal berita Tirto.id melakukan kesalahan yang dinilai fatal saat acara Debat Cawapres yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (17/3) dan disiarkan secara langsung oleh berbagai TV nasional dan secara streaming.

Kesalahan terjadi saat akun twitter portal nasional tersebut, @tirtoid, mengunggah sebuah meme yang menggambarkan KH Ma’ruf Amin dalam Debat Cawapres tersebut membuat pernyataan ‘Zina bisa dilegalisir’.

Padahal faktanya cawapres dari paslon nomor urut 01 itu, tidak menyatakan demikian. Pernyataan lengkap KH Ma’ruf telah dipotong sedemikian rupa, sehingga berbeda dari pernyataan aslinya yang justru KH Ma’ruf sedang mengajak memerangi hoaks yang selama ini menyerang Presiden Jokowi.

Rais Syuriyah Pengurus Cabang Internasional Nahdlatul Ulama (PCINU) Australia, Prof Dr KH Nadirsyah Hosen atau yang akrab disapa Gus Nadir, menyesalkan apa yang telah dilakukan Tirto tersebut.

“Saya kecewa dengan @TirtoID yang ternyata tidak menerapkan #SaringSebelumSharing Pelintirannya terhadap pernyataan KH Ma’ruf Amin sangat kelewatan dan menunjukkan Tirto bukan media yang bisa dipercaya,” kata Gus Nadir lewat akun twitter terverifikasinya, @na_dirs, Senin (18/3).

Pernyataa asli dari KH Ma’ruf adalah “Kami juga mengajak kita semua untuk melawan dan memerangi hoaks. Karena hoaks merusak tatanan bangsa indonesia. Melawan dan memerangi fitnah, seperti kalau Jokowi terpilih kementerian agama dibubarkan, kementerian agama dilarang, azan dilarang, zina dilegalisir. Saya bersumpah demi Allah, selama hidup saya akan saya lawan upaya-upaya untuk melakukan itu semua”.

Menurut Gus Nadir, walau malam itu juga saat menyadari kesalahannya, redaksi Tirto langsung menghapus meme tersebut, namun apa yang dilakukan dinilai kesalahan yang sangat fatal.

“Meski sudah minta maaf dan merevisi meme ini, tapi kesalahannya sangat fatal,” ujarnya.

Tidak Hanya Pelintir Pernyataan KH Ma’ruf, Tirto Juga Dinilai Memprovokasi

Calon Wakil Presiden, KH. Ma’ruf Amin. (foto:Istimewa)

Tidak hanya satu meme tersebut, akun twitter Tirto di acara ‘live fact-checking’ yang berlangsung bersamaan dengan Debat cawapres juga memposting meme lain yang dinilai memprovokasi.

“Ternyata bukan saja @TirtoID media penyebar hoaks, tapi juga media-provokator yang hendak membenturkan 02 dengan NU. Ini media yang amat parah,” ujar Gus Nadir.

Gus Nadir menilai, apa yang dilakukan Tirto bertentangan dengan semangat yang berusaha menjaga kedamaian pada Pilpres 2019.

“Mulai detik ini saya tidak percaya lagi dengan @TirtoID. Di saat kita berusaha menjaga kedamaian dan kewarasan, Tirto malah melakukan provokasi!,” tukas Guru Besar di sebuah Universitas di Australia ini.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy