Terkumpul Rp 750 Juta, Donasi Sumbar Peduli Rohingya Disalurkan Melalui ACT

1
42
nasrul abit, sumatera barat
Wagub Sumbar Nasrul Abit menyerahkan Donasi Sumbar Peduli Rohingya melalui ACT. (Foto: Zardi)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubenur Sumatera Barat Nasrul Abit menyerahkan Donasi Sumbar Peduli Rohingya melalui lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) Perwakilan Sumatera Barat, yang nanti disalurkan kepada warga muslim Rohingya di Myamar dan Bangladesh, pada Senin (2/10).

“Donasi Sumbar Peduli Rohingya, telah dikumpulkan sejak bulan lalu dan saat ini telah terkumpul sekitar Rp 750 juta. Hari ini kami serahkan kepada ACT untuk kemudian disalurkan agar mengurangi penderitaan masyarakat muslim Rohingya,” ujar Nasrul Abit usai menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan ACT.

Wagub Nasrul Abit juga menyatakan bantuan ini, bukan hari ini saja, akan tetapi nanti akan ada tahapan selanjutnya. Bantuan ini juga merupakan sumbangan dari seluruh pihak, baik itu diantaranya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi, instansi pemerintahan di provinsi, perbankan, dan masyarakat Sumatera Barat.

“Untuk itu, saya atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan ucapan terimakasih atas kepeduliannya dalam membantu saudara-saudara muslim Rohingya. Semoga ini menjadi amalan ibadah yang mulia,” ucap Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit mengatakan, bantuan yang diberikan untuk tanggap darurat ini diperuntukkan untuk kebutuhan bahan makanan dan kebutuhan mendesak lainnya. Namun, kalau ACT menilai ada bentuk bantuan lain yang sangat dibutuhkan, Pemprov menyerahkan keputusan pada ACT.

Rekening “Sumbar Peduli Rohingya” dengan nomor 2101.0210.05697-2 di Bank Nagari masih dibuka. Kita berharap mudah-mudahan masih ada bantuan tambahan, yang masuk yang akan disalurkan pada tahap berikutnya, himbau Nasrul Abit.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, Fadli Septaviandra menjelaskan, bahwa bantuan dari warga Sumatera Barat untuk warga Muslim Rohingya yang sedang mengalami kekerasan di Myanmar telah mencapai Rp 2 miliar lebih.

“Jumlah itu berasal dari kelompok masyarakat, pemerintah kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi Sumbar,” ungkap Fadli.

Menurut Fadli, bantuan Pemprov Sumbar ini akan dikumpulkan terlebih dahulu bersama bantuan yang lainnya, kemudian disalurkan secara bersamaan agar lebih efektif.

Pada tahap I ini bantuan sebanyak 2000 ton beras dari Sumbar telah disalurkan oleh ACT bagi warga Muslim Rohingya di Myanmar dan pengungsi di Bangladesh.

“Penyalurannya dilakukan lewat jalur laut dengan estimasi perjalanan selama sepuluh hari,” terangnya. (Zardi/SU02)

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Peresmian Kantor Induk PJR Serang

Kantor Induk Polisi Jalan Raya Serang Resmi Beroperasi

SERANG, SERUJI.CO.ID - PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan beroperasinya Kantor Induk Patroli...
Khofifah-Emil

Resmi Usung Khofifah-Emil, Golkar Ancam Beri Sanksi Kadernya yang Tak Dukung

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPP Partai Golkar mengancam akan mengambil sikap tegas kepada kader partai Golkar yang tidak menjalankan putusan Partai Golkar yang telah memberikan...
Gus Ipul (kiri) dan Khofifah (kanan)

Survei: Jika Pilgub Jatim Dilakukan Hari ini, Siapakah Yang Anda Pilih?

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur akan berlangsung pada tahun 2018. Dan saat ini sudah ada dua pasang calon yang secara resmi...

KANAL WARGA TERBARU

Setan Pendidikan yang Bernama Kompetisi

Oleh Muhammad Hanif Priatama Bagaimana cara kebanyakan orangtua mengetahui seberapa baik anaknya di sekolah saat ini? Jawabannya : RANGKINGNYA! Ya, tidak ada sarana yang paling...
KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...