Survei LSI: Elektabilitas Jokowi-KH Ma’ruf Unggul 2 Digit Tinggalkan Prabowo-Sandi

9
340
  • 20
    Shares
Pasangan capres-cawapres, Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon Presiden (capres)-calon Wakil Presiden (cawapres) Jokowi-KH Ma’ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Jokowi-KH Ma’ruf unggul 52,2 persen dibanding Prabowo-Sandi di 29,5 persen.

Hal itu terungkap dari hasil survei yang dilakukan lembaga survei Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang dirilis hari ini, Selasa (21/8) di Jakarta.

“Jokowo-KH Ma’ruf Amin, telah melewati magic number, (yaitu) di atas 50 persen,” kata Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfarabi di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Selasa (21/8).

Diungkapkan oleh Adjie, dalam survei yang menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 2.9 % tersebut, Jokowi-KH Ma’ruf unggul di 5 kantong pemilih dari 6 kantong pemilih yang ada.

Jokowi-KH Ma’ruf unggul di kantong pemilih; muslim, pemilih non muslim, masyarakat ekonomi rendah, perempuan, dan milenial.

“Sementara Prabowo-Sandi hanya unggul di satu kantong pemilih, yaitu pemilih terpelajar,” ungkap Adjie.

Meski hanya unggul di satu kantong pemilih, LSI menilai Prabowo-Sandi masih berpeluang untuk menaikkan elektabilitasnya. Pasalnya, Prabowo-Sandi unggul di kantong pemilih terpelajar yang memiliki kemampuan mempengaruhi pemilih lainnya, sebagai pengiring opini.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada 12– 19 Agustus 2018, terhadap 1.200 responden, dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. (ARif R/Hrn)

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU