Survei LSI: Elektabilitas Jokowi-KH Ma’ruf Unggul 2 Digit Tinggalkan Prabowo-Sandi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Keterpilihan atau elektabilitas pasangan calon Presiden (capres)-calon Wakil Presiden (cawapres) Jokowi-KH Ma’ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Jokowi-KH Ma’ruf unggul 52,2 persen dibanding Prabowo-Sandi di 29,5 persen.

Hal itu terungkap dari hasil survei yang dilakukan lembaga survei Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang dirilis hari ini, Selasa (21/8) di Jakarta.

“Jokowo-KH Ma’ruf Amin, telah melewati magic number, (yaitu) di atas 50 persen,” kata Peneliti senior LSI Denny JA Adjie Alfarabi di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Selasa (21/8).

Diungkapkan oleh Adjie, dalam survei yang menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 2.9 % tersebut, Jokowi-KH Ma’ruf unggul di 5 kantong pemilih dari 6 kantong pemilih yang ada.

Jokowi-KH Ma’ruf unggul di kantong pemilih; muslim, pemilih non muslim, masyarakat ekonomi rendah, perempuan, dan milenial.

“Sementara Prabowo-Sandi hanya unggul di satu kantong pemilih, yaitu pemilih terpelajar,” ungkap Adjie.

Meski hanya unggul di satu kantong pemilih, LSI menilai Prabowo-Sandi masih berpeluang untuk menaikkan elektabilitasnya. Pasalnya, Prabowo-Sandi unggul di kantong pemilih terpelajar yang memiliki kemampuan mempengaruhi pemilih lainnya, sebagai pengiring opini.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada 12– 19 Agustus 2018, terhadap 1.200 responden, dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. (ARif R/Hrn)

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

KAHMI untuk NKRI

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER