Soal Pamflet Ajakan Jumatan Bersama Prabowo, Begini Kata Nusron Wahid

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Polemik soal larangan takmir Masjid Kauman, Semarang pada calon Presiden nomor urut 01, shalat Jumat di masjid tersebut, terus menggelinding. Walau, takmir masjid sudah klarifikasi bahwa pihaknya tidak melarang Prabowo shalat Jumat di Masjid Kauman.

Menurut pihak takmir, mereka keberatan dengan beredarnya pamflet ajakan di media sosial shalat Jumat bersama Prabowo, serta spanduk selamat datang dan poster capres-cawapres nomor 02 di dekat Masjid Kauman.

Takmir khawatir adanya pamflet ajakan di medsos dan spanduk tersebut membuat masjid seolah menjadi tempat berpolitik

Nusron: Baru Kali Ini Ada Ajakan Shalat Jumat Melalui Pamflet

Ijtima' Ulama II
Calon Presiden Prabowo menandatangani pakta integritas di Ijtima Ulama II, Ahad (16/9/2018). (foto:istimewa)

Menyikapi hal itu, Nusron Wahid lewat keterangan tertulisnya yang dikirim ke media, Jumat (15/2) mengaku heran dengan adanya pamflet ajakan shalat Jumat bersama capres Prabowo tersebut.

“Jujur saja, baru pertama kali saya sebagai umat Islam hidup dalam nuansa Islam sejak kecil di Indonesia, ada ajakan shalat Jumat pakai pamflet, dan ajakan di socmed,” kata politisi Partai Golkar ini.

Menurut Nusron, biasanya ajakan salat Jumat itu cukup dengan mukul beduk atau menghidupkan loudspeaker, dan bacaan tarhim dan azan.

“(Dengan cara itu) orang sudah berbondong-bondong datang ke masjid. Ini karena salatnya lillahi ta’ala. Hanya karena Allah, bukan Linnnas, bukan untuk manusia,” ujarnya.

Saran Nusron Untuk Prabowo Terkait Shalat Jumat

Prabowo Subianto. (foto:Istimewa)

Mantan Ketua Umum Ansor NU ini menyarankan agar Prabowo dan timnya sebaiknya melaksanakan salat saja tanpa harus membuat pamflet yang berisi ajakan beserta foto Prabowo.

Sebab, lanjutnya, Allah SWT menilai seluruh umatnya sama tanpa membedakan jabatan atau profesi jemaah salat Jumat.

Nggak usah pakai diumumkan dan dipamfletkan. Toh, di mata Allah, semua jemaah dianggap sama. Mau presiden, capres, atau tukang becak, posisinya di masjid juga sama, jemaah. Itu kalau lillahi ta’ala. Tapi, kalau motifnya lain, ya pasti menyalahi langgam, kebiasaan, dan pakem yang ada. Wallahualam,” tuturnya.

Pamflet Ajakan Shalat Jumat Bersama Prabowo di Medsos Telah Dihapus

Prabowo di Ponpes Wali Songo, Situbondo, Sabtu (24/11/2018). (foto:Youtube)

Sempat jadi polemik, akhirnya diketahui pembuat pamflet ajakan salat Jumat bersama Prabowo bukanlah dilakukan BPN Prabowo-Sandiaga, tapi oleh relawan Milenial Terdepan Prabowo-Sandi (Mantaps) Jawa Tengah.

Sementara itu, Koordinator Nasional Mantaps, Helda Alvi mengaku sebagai pembuat pamflet yang hanya diunggah di akun instagram milik mereka, dan tidak pernah mencetak dan menyebarkannya.

Saat ini, pamflet di akun medsos tersebut telah di hapus dan spanduk selamat datang dan poster capres cawapres nomor 02 di dekat Masjid Kauman telah pun dicabut.

Editor:Hrn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi