Sikapi Puisi Kontroversial Sukmawati, Gabungan Umat Islam Solo Lakukan Aksi

SOLO, SERUJI.CO.ID – Umat Islam yang tergabung dalam Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) melakukan aksi unjuk rasa. Unjuk rasa digelar menindaklanjuti puisi kontroversial Sukmawati Soekarnoputri.

Pantauan SERUJI di lapangan, aksi yang dilakukan di halaman Mapolresta Surakarta pada Jumat (6/4) diikuti sekitar 150 orang dengan membawa sejumlah spanduk yang mengecam Sukmawati.

Juru bicara aksi, Endro Sudarsono mengemukakan unjuk rasa menyuarakan dukungan dan desakan agar Kapolri mengusut secara hukum kasus puisi Sukmawati tersebut.

“Puisi tersebut diduga melanggar KUHP Pasal 156A mengenai penistaan,” kata Endro di Solo, Jumat (6/4).

Isi puisi Sukmawati yang membandingkan konde dengan cadar dan azan dengan kidung dinilai melukai hati umat Islam.

Saat ditanya mengenai permintaan maaf Sukmawati, Endro mengatakan, sebagai umat muslim Solo bisa saja memaafkan Sukmawati. “Namun karena ini negara hukum, maka proses hukum harus tetap berjalan,” ujarnya.

Ia meminta polisi secepatnya mengusut kasus ini dengan memeriksa pelapor, saksi-saki terkait, serta melibatkan ahli bahasa dan ahli pidana. “Jika memenuhi unsur KUHP maka kami minta segera dilakukan penahanan,” pungkasnya. (Vita K/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER