Setnov Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ini Sikap Golkar

0
82
setya novanto, setnov
Setya Novanto, Tersangka Kasus KTP-el (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Status tersangka yang kini disandang Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuai reaksi sikap dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (DPP PG), yakni melakukan tiga langkah dalam menyikapi penetapan status tersebut.

“Ketiga langkah tersebut adalah langkah organisasi, langkah hukum, dan langkah politik,” papar Sekretaris Jenderal DPP PG, Idrus Marham di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (18/7).

Idrus menuturkan, langkah organisasi meliputi, DPP PG lakukan rapat konsolidasi, secara mendadak, di Jakarta, Senin (17/7) malam dan memutuskan tiga langkah tersebut.

Ia menjelaskan, langkah pertama yakni, DPP PG ingin segera mengambil alih langkah sementara, agar DPP PG tetap solid.

“PG juga harus meyakinkan publik, bahwa status tersangka yang ditetapkan kepada Novanto, tidak mempengaruhi organisasi PG. Kepemimpinan di PG tetap efektif dan sesuai sistem,” katanya.

Langkah kedua, adalah langkah hukum. Menurut penuturan Idrus, DPP PG masih menunggu surat keputusan KPK yang menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka.

“Setelah menerima surat keputusan resmi, DPP PG akan melakukan langkah hukum lanjutan, apakah prapradilan atau langkah hukum lainnya” ujar Idris.

Langkah ketiga, adalah langkah politik.

Idrus mengungkapkan DPP PG akan memastikan, bahwa status tersangka terhadap Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, tidak akan mempengaruhi Partai Golkar dalam koalisi partai politik pendukung Pemerintah.

“PG sebagai pendukung Joko Widodo sebagai calon presiden pada pemilu 2019, yang telah diputuskan dalam Rapimnas adalah tetap” imbuhnya. (HA)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polresta Madiun Amankan Ribuan Liter Miras

MADIUN, SERUJI.CO.ID - Petugas Polres Madiun Kota, Jawa Timur mengamankan sebanyak 1.725 liter minuman keras selama Operasi Tumpas Semeru 2018 yang digelar pada tanggal...

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...