Setnov Bantah Keterangan Perawat dan Satpam RS


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) membantah sejumlah keterangan perawat dan anggota satpam RS Medika Permata Hijau yang mengatakan dirinya sadar penuh pascakecelakaan pada 16 November 2017.

“Ada cerita dari pengamanan RS Medika yang cerita kalau modem ‘wifi’ saudara jatuh lalu saudara minta diambilkan modemnya, ingat tidak?” tanya ketua majelis hakim Mahfudin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat (27/4).

“Waduh saya tidak tahu, saya tidak pernah memegang modem. Saya termasuk gaptek (gagap teknologi), dan waktu jadi ketua DPR, ajudan yang memegang HP, saya tidak pegang HP,” jawab Setnov.

Setnov menjadi saksi untuk terdakwa dokter RS Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo yang didakwa bekerja sama dengan advokat Fredrich Yunadi untuk menghindarkan Setnov diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP-elektronik.

Pada sidang 2 April 2018, petugas keamanan RS Medika Permata Hijau Abdul Aziz meyakini Setnov sadar saat tiba di RS karena sempat meminta untuk mengambilkan modem internet yang jatuh saat akan dipindahkan dari mobil ke kamar RS.

Selain itu, Aziz mengatakan, Setnov sendiri yang menutup seluruh badannya menggunakan selimut kecuali wajahnya.

“Di sidang ini kata saksi lain, saudara memakaikan selimut sampai kepala?” tanya hakim Mahfudin.

“Saya tidak ingat yang mulia, saya tidak tahu karena saya pingsan, mungkin ada yang menutupi karena tahu saya ketua DPR tapi tentu tidak sampai atas karena nanti tidak bisa nafas,” jawab Setnov sambil terkekeh.

“Jadi saudara sebenarnya pingsan atau tidur? Pingsan ‘kan tidak ingat apa-apa, kalau tidur, ya, karena mengantuk lalu tidur,” tanya hakim Mahfudin.

Setnov menjawab, “Memang keadaan saya pingsan, saya cukup lama tidak makan, jadi seingat saya pingsan, kalau tertidur saya pasti bangun ingat.” “Ada perawat yang mengatakan saudara minta diperban dan minta obat merah?” tanya Mahfudin.

Setnow menjawab, “Tidak ada, yang mulia. Untuk infus juga sudah langsung dipasang di tangan kiri saya, waktu saya muntah istri saya mengatakan ‘kamu jangan gerak terus’, itu sudah di atas jam 12 malam, setelah itu saya hilang lagi.” Hilang dalam konteks itu artinya pingsan.

“Saat pagi 17 November 2017 ada perawat juga yang mengatakan sekitar pukul 05.30 berdiri buang air kecil benar?” tanya hakim Mahfudin.

Ia menjawab, “Tidak, yang mulia. Saya bangun pukul 08.00 lagi pula kan ada istri dan saudara saya.” “Ini saudara yang mengarang atau siapa? Sudah disumpah loh?” tegas hakim Mahfudin.

“Dosa, yang mulia, tidak mungkin, ‘kan saya sakit jadi pakai pispot,” jawab Setnov. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close