AS Sebut Tindakan Myanmar Terhadap Rohingya Pembersihan Suku

0
66
rohingya, myanmar
Sisa reruntuhan genosida di Rohingya.

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID – Amerika Serikat pada Rabu (22/11) menyebut tindakan tentara Myanmar terhadap warga Rohingya pembersihan suku dan mengatakan akan mempertimbangkan hukuman bagi pihak yang harus bertanggung jawab.

Dengan mengacu kepada kekejaman mengerikan terhadap Rohingya, Menteri Luar Negeri Rex Tillerson mengatakan dalam pernyataan, “Sesudah mengulas secara saksama dan cermat atas bukti tersedia, jelas bahwa keadaan di negara bagian utara, Rakhine, adalah pembersihan suku terhadap Rohingya.”

Meskipun pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada September menggambarkan tindakan tentara itu sebagai masalah pembersihan suku, namun Tillerson meninggalkan Myanmar tanpa menggunakan sebutan itu setelah kunjungan pada pekan lalu.

Pernyataannya memperjelas bahwa sikap Amerika Serikat bergeser.

“Pelanggaran oleh beberapa orang di kalangan tentara Myanmar, pasukan keamanan dan warga setempat menyebabkan penderitaan luar biasa dan memaksa ratusan ribu pria, wanita dan anak-anak meninggalkan rumah mereka di Myanmar untuk mencari perlindungan di Bangladesh,” katanya.

Amerika Serikat mendukung penyelidikan mandiri terhadap kejadian di negara bagian Rakhine dan akan melakukan tindakan, termasuk kemungkinan hukuman bagi yang disasar, kata Tillerson.

“Yang bertanggung jawab atas kekejaman itu harus diadili,” katanya.

Pemantau hak asasi manusia menuduh tentara Myanmar melakukan kekejaman, termasuk pemerkosaan massal, terhadap warga tanpa kewarganegaraan Rohingya selama pembersihan sesudah petempur Rohingya menyerang 30 pos polisi dan sebuah pangkalan tentara.

Lebih dari 600.000 Muslim Rohingya lari dari negara bagian Rakhine di Myanmar, yang sebagian besar penduduknya beragama Buddha, kebanyakan ke negara tetangga, Bangladesh, sejak tindakan keras pasukan keamanan Myanmar pada 25 Agustus itu.

Tekanan meningkat untuk tanggapan lebih keras Amerika Serikat terhadap kemelut Rohingya sebelum kunjungan perdana Presiden Donald Trump ke Asia pada bulan ini guna menghadiri temu puncak negara Asia Tenggara, termasuk Myanmar, di Manila.

Sumber pemerintah Amerika Serikat mengatakan kepada Reuters pada Oktober bahwa pejabat menyiapkan saran untuk Tillerson, yang akan merumuskan gerakan pimpinan tentara itu terhadap Rohingya sebagai pembersihan suku, yang bisa memicu hukuman baru.

Pada awal November, anggota parlemen Amerika Serikat mengusulkan sasaran hukuman dan pembatasan perjalanan terhadap pejabat tentara di Myanmar.

Senator Demokrat Jeff Merkley, bagian dari perutusan kongres, yang mengunjungi Rakhine pada pekan ini, mengatakan kepada wartawan di sana pada Selasa, “Semua itu menunjukkan pembersihan suku.”

Pemerintah dua tahun Myanmar, dipimpin peraih Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi, menghadapi kecaman berat dunia atas tanggapannya terhadap kemelut itu, meski tidak memiliki kendali atas jenderal, yang harus berbagi kekuasaan dalam peralihan ke kekuasaan sipil setelah beberapa dasawarsa militer memerintah di negara tersebut. (Ant/SU02)

Komentar

BACA JUGA
Ketua Umum HMI 2018

Selamat, Saddam Al Jihad Terpilih Sebagai Ketua HMI yang Baru

AMBON, SERUJI.CO.ID - Saddam Al Jihad, mahasiswa Program Doktoral di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akhirnya terpilih memimpin organisasi mahasiswa ekstra kampus tertua di Indonesia, Himpunan...
ott, korupsi

OTT Oknum BPN Lhokseumawe Ditetapkan Jadi Tersangka

LHOKSEUMAWE, SERUJI.CO.ID - Tim Saber Pungli Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menetapkan salah seorang oknum PNS di Badan Pertanahan Nasional (BPN), S (54), menjadi tersangka hasil dari...
gunung agung

Promosi Pariwisata Bali Pasca Erupsi Gunung Agung

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Gunung Agung dengan ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, wilayah timur Bali, yang sempat beberapa...
Rudiantara

2019 Kominfo Targetkan Indonesia Terhubung Internet

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara menargetkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia terhubung jaringan internet dengan kecepatan tinggi pada 2019 sehingga semua orang...
Abhan

Bawaslu: Penyelenggaraan Pilkada Jangan Mudah Tergoda Suap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan mengingatkan seluruh jajarannya untuk tidak mudah tergoda suap selama menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada)...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...