Sandiaga Janji Bebaskan Pajak UMKM Berbasis Industri 4.0 di Dua Tahun Pertama

SOLO, SERUJI.CO.ID – Calon Wakil Presiden nomer urut 02, Sandiaga Uno menjanjikan pembebasan biaya pajak untuk UMKM yang berbasis revolusi industri 4.0. Janji tersebut merespons keluhan pengusaha di Solo tentang pajak yang tinggi.

“Pengusaha yang baru memasuki revolusi industri 4.0 diberi keringanan dengan pajak 0% pada 2 tahun pertama, atau bagi pengusaha yang bertransformasi ke teknologi digital,” kata Sandi dalam kunjungannya di Solo, Sabtu (12/1) sore.

Menurut Sandi, hal ini dilakukan agar pengusaha dapat fokus mengembangkan usahanya di awal.

“Ini agar mereka bisa mendapatkan satu kelonggaran, bisa bernapas dulu untuk membesarkan usahanya,” terangnya.

Baca juga: Jika Terpilih, Sandiaga Janji Ubah Kebiasaan Utang dan Impor

Menurutnya, beban pajak yang tinggi merupakan satu wujud ketidakadilan bagi pengusaha. Apalagi ketika kondisi usaha mereka sedang terpuruk.

“Ini dirasakan oleh para pengusaha sebagai sesuatu yang tidak adil. Kalau bisnis mereka tidak mengalami peningkatan, jangan ditekan. Kalau usaha mereka meningkat, pasti mereka akan menjadi basis pembayar pajak,” ujarnya.

Insentif tersebut juga merupakan langkah Sandiaga untuk mempercepat transformasi UMKM konvensional menuju revolusi industri 4.0.

“UMKM ini merupakan sebuah keniscayaan, tidak mungkin bisa bertahan kalau tidak masuk ke bisnis digital,” tuturnya.

Baca juga: Sandiaga Janji Buat Program “One Kyai for One Center Enterpreneurship”

Dalam kunjungannya tersebut, ia sempat berbincang dengan pengusaha di Kota Solo, dan menampung berbagai keluhan pengusaha. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

TERPOPULER

Mengenal Karbohidrat Rafinasi dan Bahayanya Bagi Tubuh

Menikmati sebungkus keripik kentang sambil menonton film memang menyenangkan. Tapi awas! jangan terlalu banyak. Ada bahaya mengintai di setiap gigitannya.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy