Saksi Beri Konfirmasi Kiriman 3,5 Juta Dolar Untuk Keponakan Setnov


JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áMarketing PT Inti Valuta Money Changer, Riswan alias Iwan Barala mengonfirmasi adanya kiriman 3,5 juta dolar AS pada Februari 2012 untuk keponakan Setya Novanto, Irvanto Henda Pambudi Cahyo.

“Uang 3,5 juta dolar AS diambil secara bertahap, pertama 1 juta dolar AS, lalu 1 juta dolar AS dan 1,5 juta dolar AS secara bertahap. Diambil secara langsung di kantor oleh orang yang disuruh Irvanto,” kata Iwan saat menjadi saksi di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (5/3).

Iwan bersaksi untuk mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) yang didakwa menerima 7,3 juta dolar AS dan jam tangan Richard Mille senilai 135 ribu dolar AS dari proyek KTP-el.

Irvanto sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-E.

Ia diduga sejak awal mengikuti proses pengadaan KTP-el dengan perusahaannya yaitu PT Murakabi Sejahtera dan ikut beberapa kali pertemuan di ruko Fatmawati bersama tim penyedia barang proyek KTP-el serta mengetahui ada permintaan ‘fee’ sebesar lima persen untuk mempermudah proses pengurusan anggaran KTP-el.

Uang 3,5 juta dolar AS itu diperoleh dengan sistem barter. Caranya adalah Irvanto datang ke Inti Valuta Money Changer tempat Iwan bekerja lalu meminta proses barter yaitu menukarkan uang dolar AS dari luar negeri menjadi dolar AS yang diterima di dalam negeri.

Namun karena Iwan tidak punya uang hingga 3,5 juta dolar AS di luar negeri, maka ia menghubungi Juli Hira dari “money changer” PT Berkah Langgeng Abadi untuk mencari dolar AS di luar negeri.

“Irvanto kasih saya nomor rekening, saya ‘forward’ (teruskan) ke orang Bu Juli, lalu dari mereka yang masuk ke Bu Juli Hira 3,55 juta dolar AS dan dari Bu Juli Hira ke saya 3,53 juta dolar AS, jadi selisih 20 ribu dolar AS,” ungkap Iwan.

Selisih itu adalah “fee” untuk Juli Hira sedangkan Iwan mengambil “fee” juga dari Irvanto Rp100 per dolar sehingga tinggal 3,5 juta dolar AS yang sampai ke tangan Irvanto.

Menurut karyawan Juli Hira bernama Nunuy Kurniasih, uang dolar dari luar negeri dikirimkan dari PT Biomorf lalu ditransfer ke berbagai perusahaan lain dalam 4 kali transfer dan dilakukan Januari-Februari 2012 yaitu pada 20 Januari 2012 sebesar 1 juta dolar AS, 26 Januari 2012 sebesar 1 juta dolar AS, 31 Januari 2012 sebesar 1 juta dolar AS dan pada 6 Februari 2012 sebesar 1,55 juta dolar dolar AS sehingga totalnya 3,55 juta dolar AS.

Nunuy juga masih mengurus uang transfer senilai sekitar 1,9 juta dolar AS untuk OEM Investment pada 20 Januari 2014. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close